Apa itu Bank Syariah dan Keunggulannya

Semakin lama perkembangan dan berdirinya bank syari’ah makin menjamur di Indonesia apalagi mengingat bahwa indonesia adalah negara dengan penganut muslim terbanyak.  Sebenarnya apa itu bank syar’iah? bagaimana cara kerjanya? Disini saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang bank syari’ah

Bank syari’ah adalah Bank yang sistem kerjanya menurut syari’at Islam, berpegang pada bagaimana Islam mengajarkan cara bertransaksi dengan memperhatikan keseimbangan dan kemaslahatannya. Bank syari’ah mendapatkan hasil dari untung rugi ata laba sedangkan bank konvensional berfokus pada bunga. Praktik riba sendiri tidak ditemukan dalam bank syari’ah karena ia menetapkan sistem bagi untung rugi yang sesuai dengan syari’at Islam.


Bank syari’ah berfungsi sebagai tempat menyimpan uang atau harta sama seperti bank konvesional bedanya orang yang menabung di bank konvensional mendapatlan keuntungan dari bunga sedangkan nasabah bank syari’ah mendapat keuntungan dari sistem bagi hasil. Selanjutnya, sebagai penyalur dana atau penyedia pinjaman yaitu memberi pinjaman kepada nasabah dengan pembayaran bersistem bagi hasil. Terakhir adalah melakukan tugas sebagaimana bank konvensional seperti transfer, starik tunai dan lain-lain.

Bank syari’ah didirikan untuk menjauhkan umat muslim dari praktik riba yang sering kali dianggap remeh. Bank syariah memberikan pinjaman dengan sistem bagi hasil yang telah disetujui kedua belah pihak. Bank syari’ah yang memakai sistem bagi hasil itu memudahkan nasabah yang meminjam dana kepada bank syari’ah untuk mengembalikannya atau membayarnya ketimbang dengan sistem bunga.

Beberapa kelebihan menggunakan bank syari’ah yang terlihat nyata. Pertama,perasaan puas karena mendapatkan hasil usaha dengan modal yang halal dengan hasil yang membawa kepada keberkahaan. Kedua, dampak dari sistem bagi hasil itu sendiri yang jelas lebih aman dan lebih memudahkan merupakan keunggulan signifikan. Ketiga,menguatnya rasa agamis dan keimanan dengan menjauhi hal-hal bersifat ribawi.

Beberapa kelemahan menggunakan bank syari’ah pertama adalah sistem bagi hasil ini memerlukan perhitungan yang rumit yang biasanya tidak dipahaami orang awam. Kedua sistem bagi hasil yang rumit ini memerlukan tenaga yang ahli dan professional dalam pengerjaannya. Ketiga, yang berlaku dan menurut opini saya bank syari’ah belum menyeluruh menjangkau daerah-daerah terpencil yang akhirnya di dominasi bank konvensional.

  • Nama lengkap :Rara Ramadani Rahayu
  • Nama Pena         :Reinandra
  • Alamat URL Facebook :Rara ramadani
  • Alamat URL Twitter :@ramadr
  • Judul Tulisan         : mengenal apa itu bank syari’ah
  • Nama rubrik yang dituju         : IBADAH
  • Isi Tulisan         :Menjelaskan pengertian,fungsi,ciri,keunggulan,dan kelemahan      bank syari’ah 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa itu Bank Syariah dan Keunggulannya"

Post a comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.