Tips Menghadapi Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan

Kabut asap yang terjadi akibat maraknya pembakaran hutan tanpa diproses oleh sistem mengakibatkan menurunnya kesehatan metabolisme tubuh dimana manusia menghirup udara yang tidak sehat hingga mengalami kekurangan oksigen, menyebabkan sesak nafas hingga sampai kematian. Ini sangat berdampak fatal bagi kesehatan tubuh dan akan timbulnya masalah kesehatan meliputi, asma, ispa, paru-paru kronik dan lainnya. Bagi yang sedang mengalami penyakit pernafasan atau lansia dan penyakit jantung ini akan menyebabkan lebih rentannya mengalami gangguan kesehatan akibat kabut asap.

Oleh sebab itu ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk tetap menjaga kesehatan.
1. Beraktifitas di dalam ruangan
Hindari aktifitas diluar ruangan sampai kabut benar-benar hilang. Bila beraktifitas diluar ruangan maka siapkan masker N95. Biasanya kabut akan hilang ketika hujan lebat.


2. Minum Banyak Air Mineral
Air mineral tdak hanya mencegah dehidrasi namun juga berfungsi untuk melancarkan alira darah dan menjaga daya tahan metabolisme tubuh.

3. Makan Makanan Yang Berserat
Mengkosumsi makanan berserat seperti buah dan sayur sangat bermanfaat sebagai antioksidan tinggi di dalam tubuh.

4. Jangan Perburuk Kondisi Dengan Merokok Atau Membakar Sampah.
Menjaga lingkungan juga sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan tubuh.hindari paparan asap rokok dan pembakaran sampah karena ini akan memperparah keadaan kabut.

5. Sterilisasi Ruangan
Sterilisasi ruangan dapat di lakukan dengan pendingin ruangan atau (AC) karena dapat membantu membersihkan asap yang masuk ke dalam rumah dan mampu menyaring partikel yang akan kita hirup dan masuk ke dalam paru-paru.

Beberapa hal di atas  merupakan beberapa tips agar menjaga kesehatan tubuh dalam kondisi kabut asap akibat karhutla.bila terjadi gangguan pernafasan maka segera ke fasiltas kesehatan agar lebih cepat tertangani. Banyak petanyaan megapa kabut asap berbahaya. Karena kabut asap terdiri dari partikel-partikel kecil yang sangat berbahaya yang akan menyerang paru-paru kita. Agar kesehatan paru paru tetap terjaga untuk itu makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi agar paru-paru tidak mudah mengalami perandangan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kontributor : Istriku Tercinta

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menghadapi Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel