7 Kunci Sukses Menjadi Fundraising (Penggalangan Dana)

Sebelum dijelaskan 7 Kunci Sukses Fundraising disini saya akan menjelaskan Fundrising itu apa?
Fundraising itu diambil dari kata bahasa inggris yaitu yang artinya Mencari Dana, Mencari dana disini bukan untuk meminta-minta tetapi disini untuk mencari dana kebaikan umat, misalkan siapapun yang ingin zakat bisa disalurkan melalui perantara yaitu Fundraising tersebut, biasanya ada lembaga tersendiri yang mengurus. Cara kerja fundraising seperti adanya orang yang menawarkan program-program yang dikelola oleh lembaga, biasanya yang bekerja sebagai fundraising itu menawarkan di pusat perbelanjaan seperti Super Market, Lobi kantor, depan masjid dan lainnya.
Kenapa harus fundrising?

Fundrising bisa menjadi peluang dakwah untuk pekerja yang menawarkan program dari Lembaga. Dengan ber-Fundraising kita bisa membangun peran sosial dimasyarakat menebarkan kebaikan untuk orang yang disekitar, Fundrising sebagai perantara yang dapat membangun program yang berkelanjutan.

7 Kunci Sukses Menjadi Fundraising (Penggalangan Dana)
Ilustrasi Fundraising

Dibawah ini adalah 7 Kunci Sukses menjadi Fundraising : 


1. Mejelaskan diri kita kepada calon donatur

Sebelum kita menawarkan yang paling penting dan harus kita kenalkan kepada calon donatur adalah diri kita yaitu dengan menyebutkan nama kita dengan perkataan yang sopan agar calon donatur tertarik untuk mendengar siapa kita, setelah itu baru memperkenalkan lembaga yang kita tawarkan produknya dan yang paling penting kita mengucap salam dulu sebelum memperkenalkan diri.

2. Komitmen 

Ajak bicara Calon Donatur, jika Donator bertanya Program, kita yang menawarkan harus aktif tidak boleh Pasif, Pastikan kita juga harus ramah kepada donator, selalu memberikan senyuman kepada calon donatur agar calon donatur bersimpati kepada kita.

3. Mengerti Program yang kita tawarkan 

Maksudnya disini adalah kita harus mengerti apa yang kita tawarkan kepada calon donator, jangan sampai program yang kita tawarkan kepada donator sedangkan donatur tersebut tidak mengetahuinya. Kita harus tahu tujuan, fungsi dan manfaatnya untuk siapa saja. Jadi jangan lupa untuk menjelaskan program yang kita tawarkan kepada donatur agar calon donatur pun percaya apa yang kita tawarkan. Sebelum kita tawarkan kita harus pelajari terlebih dahulu program yang akan kita tawarkan secara mendalam dan detail setelah itu baru kita bisa tawarkan kepada calon donatur.

4. Memastikan apakah Program yang kita tawarkan itu bermanfaat 

Pastikan program yang akan kita tawarkan bermanfaat untuk orang sekitar misalnya program yang ditawarkan itu zakat. Yang sudah dijelaskan diatas bahwasanya kita harus mengetahui manfaat program yang kita ingin tawarkan kepada calon donatur jadi kita memastikan donatur itu memahami manfaat dari program kita. Sehingga menimbulkan ketertarikan untuk melakukan donasi.

5. Memastikan zakat itu harus ada dampaknya misalnya program beasiswa 

Disini kita harus memastikan juga bahwa calon donatur mengetahui dampak dari apa yang dia salurkan misalkan program yang disalurkan itu adalah untuk program beasiswa mahasiswa jadi itu berdampak baik untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa agar memudahkan mahasiswa tersebut untuk kuliah tanpa biaya. Donatur yang menyalurkan sangat mendapat kesempatan untuk berbuat kebaikan.

6. Fundraising harus tahu bagaimana dana itu dihimpun dan dihimpun kemana saja

Kita sebagai fundraising harus tahu bagaimana dan kemana saja dana yang telah para donatur salurkan agar kita juga bisa menjelaskan kepada donatur yang telah menyalurkan uang nya bisa jadi dengan itu donatur akan mempercayai lembaga yang menghimpun dana tersebut dan kemudian donatur tersebut dapat terus bekerja sama dalam jangka waktu yang berkelanjutan.

7. Mendoakan yang terbaik untuk donatur

Kita dari pihak yang mewakili lembaga zakat yang menghimpun dana, kita harus mendoakan para donatur yang telah menyalurkan uang yang disedekahkan atau yang disumbangkan.

Kita sebagai umat muslim harus saling mendoakan satu sama lain maka dari itu, kita mendoakan  para muzzaki (para donator) agar harta yang diberikan oleh para donatur diberikan keberkahan oleh Allah dan memberikan kemudahan dalam mencari rezeki.

Kontributor : Annas Sintya Dewi (STEI SEBI Depok)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Kunci Sukses Menjadi Fundraising (Penggalangan Dana)"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel