Menu Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Kolestrol dan Asam urat adalah penyakit kronis yang biasa terjadi pada kita bahkan Indonesia menduduki peringkat kesehatan yang banyak mengalami masalah kolestrol dan asam urat. Asam urat sendiri merupakan hasil dari pemecahan purin yang didapatkan dari makanan, maupun dari tubuh sendiri yang memproduksinya. Adapun kolestrol adalah lemak yang ada dalam darah berasal dari tubuh yang mensintesis dan juga merupakan dari makanan yang kita makan. Untuk itu , tubuh kita perlu melakukan diet khusus untuk mencegah terjadinya meningkatnya kolestrol dan asam urat. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kadar kolestrol dan asam urat dalam tubuh.


Menu Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol
Ilustrasi
  1. Untuk menurunkan kolestrol maka kita harus jauhkan makanan dan asupan yang mengandung  kadar kolestrol darah yang tinggi yaitu seperti kuning telur, seafood, mentega, hati dan makan nasi yang panas. Untuk itu hindari dan diet makanan di atas. MAsih banyak makanan lain yang bisa anda makan yang juga mengandung banyak manfaat.
  2. Menurunkan asam urat bisa kita lakukan dengan makan makanan yang mengandung rendah zat purin untuk dikosumsi seperti makanan, Buah-buahan dan sayur segar serta kurangi untuk mengkosumsi bahan makanan dengan lemak jenuh karena akan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, hindari makanan ragi, alkohol dan kacang-kacangan, perbanyak minum air putih karena dengan ini mampu menurunkan zat purin dalam tubuh dan jangan memakan makanan biji-bijian seperti kacang.
  3. Lakukan olahraga teratur dan terukur, ini bisa dilakukan seminggu 3-4 kali untuk menurunkan kadar kolestrol dan asam urat. Olahraga yang bisa dilakukan bervariasi tergantung yang mampu dilakukan oleh tubuh kita.
  4. Gaya hidup sehat harus dijalankan untuk mempertahankan berat badan sehingga tetap ideal. Gaya hidup sehat juga sudah mulai berjalan di kota-kota besar seperti adanya car free day, ini bisa membantu kita menurunkan polusi udara. Mer0kok juga termasuk pola hidup yang tidak sehat maka harusnya jauhkan diri anda dari r0kok dan paparan asap rokok agar paru-paru tetap terjaga.
  5. Minyak zaitun merupakan sumber kaya asam lemak tak jenuh yang sangat membantu dalam menurunkan kolestrol jahat di dalam tubuh, selain itu minyak zaitun diketahui dapat mengurangi dan mencegah resiko penyakit jantung. Cara mengkosumsi minyak zaitun bisa dengan 4 sendok makan atau sekitar 70 ml dalam sehari.
  6. Siapka yang tidak kenal dengan buah alpukat. ternyata alpukat juga sangat dikenal mampu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh karena alpukat sendiri terdiri dari lemak tidak jenuh membantu meningkatkan kadar kolestrol baik HDL dan menurunkan kolestrol jahat LDL. Cara mengkonsumsi pun sangat mudah yaitu dengan membuat jus alpukat.

Cara dan Tips di atas dilakukan untuk menurunkan masalah kolestrol dan asam urat. Tubuh sehat bisa diraih dengan menjaga asupan makanan dan menjaga kadar kolestrol dan asam urat agar tetap terjaga dalam kondisi batas normal. Selain itu, kita juga harus tetap selalu memeriksa kadar kolestrol dan asam urat minimal 3 bulan sekali untuk memastikan kadar kolestrol dan asam urat dalam kondisi yang normal. Begitu juga asupan makanan yang baik dan pola hidup sehat harus kita terapkan dalam  kehidupan sehari-hari agar menjadikan hidup tetap optimal dalam beraktivitas sehari-hari. Minum air putih 8 gelas sehari juga dapat membantu memecahkan zat purin pada asam urat dan membantu kerja ginjal.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk yang sedang mencari solusi dalam menurunkan kadar asam urat dan kolestrol dan jangan lupa untuk konsul ke dokter bila asam urat dan kolestrol meningkat. Bagi anda yang belum menderita asam urat dan kolesterol maka berhati-hatilah. perhatikan pola makan dan menu makan anda sehari-hari. lebih baik menghindari daripada mengobati.


Kontributor: Istriku Tercinta

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menu Makanan Bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel