Membangun Komunikasi yang Baik antara Suami dan Istri dalam Rumah Tangga

Komunikasi antara suami dan istri sangatlah penting dan sangat berperan dalam membangun rumah tangga bahagia. Banyak pasangan suami istri yang tidak bisa bahagia dan tentram dan bahkan banyak terjadi pertingkaian sampai ke tingkat perceraian yang disebabkan oleh tidak baiknya komunikasi yang berjalan antara suami istri. Maka oleh sebab itu, konflik rumah tangga tidak pernah padam dan akhirnya anak pun menjadi korban atas pertingkaian yang terjadi dalam rumah tangga. Ada beberapa tips yang akan kami uraikan dalam membangun komunikasi yang baik antara suami dan istri, berikut penjelasannnya:

1. Luangkan Waktu Untuk Bersama

Setiap hari kita akan beraktifitas yang berbeda, suami sibuk berkerja mencari nafkah dan istri juga sibuk berkerja apakah itu mengurus anak atau bahkan berkerja sebagai wanita karier. Sesibuk apapun suami dan istri haruslah menyempatkan waktu untuk bersama. Hendaklah suami dan istri berbincang-bincang sebelum tidur, seperti bercerita bersama atas kesibukannya hari ini. Mendengar keluh kesah istri dalam mengasuh anak atau cerita apapun dengarkan saja. Agar hubungan suami istri lebih erat.

Membangun Komunikasi yang Baik antara Suami dan Istri dalam Rumah Tangga
Ilustrasi


2. Jangan ada RAHASIA

Setelah ijab qabul terjadi maka suami dan istri menjadi KITA dan akan hidup bersama dalam suka maupun duka. Saling berkasih sayang tanpa batas waktu. Untuk itu suami dan istri harusnya tidak boleh merahasiakan apapun dalam rumah tangga. Biasanya rahasia yang disimpan akan  menjadi pemicu pertingkaian dalam rumah tangga. Maka saling terbuka antara suami dan istri adalah kuncinya.

3. Jangan Membandingkan Pasangan Anda

Tips yang satu ini sangat penting jangan pernah anda membandingkan pasangan anda  suami atau istri anda dengan suami atau istri tetangga. Karena pada hakikatnya semua orang akan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal anda yang harus tahu bagaimana bersikap kepada pasangan anda agar ia bisa memperlakukan anda seperti yang anda inginkan. Cintailah kekurangannya maka kelebihannya tidak akan menjadi persoalan.

4. Hargai Setiap Tindakan yang Pasangan Lakukan.

Setiap tindakan yang di lakukan oleh pasangan anda maka hargailah. Usahanya dalam membahagiakanmu tidaklah mudah ada perjuangan yang mungkin kita tidak pernah tahu. Maka ucapkanlah terima kasih setiap pemberian yang ia berikan tidak hanya pemberian seperti barang namun bagaimana ia memperlakukan dan membantu anda. Jangan beranggapan remeh meski terkesan tidak ada apa-apanya.

5. Jaga Keromantisan

Keromantisan antara suami istri harus dipupuk selalu dan di jaga juga di rawat. Keromantisan tidak hanya dengan hal-hal yang mewah namun bisa kita realisasikan dengan hal hal yang sederhana seperti berbagi kesedihan dan kegembiraan bersama, semua orang mempunyai sisi keromantisan tersendiri, keromantisan akan tercipta bila hubungan harmonis.

Hal-hal kecil yang anda lakukan untuk pasangan anda akan mampu menyenangkan hati pasangan anda, dan akan terasa romantis bila anda tulus melakukannya. Saling mengerti dalam setiap hubungan adalah pedoman dalam mencari kebahagian. Oleh karena itu benih-benih cinta itu harus selalu tetanam dalam diri kita dan harus selalu di rawat agar semakin berbuah bahagia. Tidak hanya itu, hubungan suami istri harus saling menguatkan ketika salah satu pasangan anda tengah berada dalam kondisi kesulitan, maka jadilah penguat dan penyemangat dalam kondisi yang berat sekalipun, tetaplah dampingi pasangan anda.

Semoga artikel ini bemanfaat, selamat mencoba tips di atas semoga berhasil dalam mencari kebahagian dalam rumah tangga. Semoga keluarga kita semua menjadi keluarga yang mendapat ridha dari Allah dan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Kontributor: Istriku Tercinta

0 Response to "Membangun Komunikasi yang Baik antara Suami dan Istri dalam Rumah Tangga"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel