9 Faktor dan Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia

Hampir setiap detik, setiap menit bahkan setiap jam dalam sehari kita mendengar kejadian kecelakaan baik itu di jalan raya maupun jalan biasa. Kecelakaan ini bisa saja disebabkan oleh mobil, motor, kereta, gerobak bahkan orang yang melintasi jalan dengan tidak berhati-hati. Ketahuilah bahwa gara-gara kita bisa saja menyebabkan nyawa orang lain melayang. Setidaknya, kita berjalan jangan sampai menimbulkan mudharat bagi orang lain. Mereka punya anak-istri dan sanak saudara yang masih menjadi tanggung jawab kenapa tidak seharunya berhati-hati dalam berkendara agar keselamatan dan keamanan berlalu lintas terjaga dan kita bisa menjadi hidup bersama keluarga dengan baik.

Ada banyak sekali faktor dan penyebab terjadinya kecelakaan terutama di Indonesia baik itu sepeda motor maupun mobil.

Faktor dan Penyebab Kecelakaan lalu lintas di Indonesia
Kecelakaan Lalu Lintas

Agar memberikan pengalaman dan sedikit  pengetahuan kepada pembaca setia beriman blog maka pada kesempatan kali ini akan kemi bahas terkait faktor dan penyebab utama kecelakaan lalu lintas yang hampir setiap detik terjadi di tanah Indonesia maupun dunia. Jika sobat-sobat memiliki saran bisa juga berkomentar dikolom yang kami sediakan.

Berikut faktor penyebab kecelakaan lalu lintas menurut berimanblog.com

1. Belum mahir berkendara

Sangat benyak sekali penyebab kecelakaan lalu lintas karena tidak mahirnya dalam berkendara. Oleh sebab itu, yang bersangkutan tidak siap ketika bergandengan dan berpicu dengan kendaraaan lain. Saat itu pula muncul kepanikan yang pada akhirnya menyebabkan kecelakaan. Kecelakaan seperti ini biasanya menimbulkan tingkat keparahan yang luar biasa karena sang sopir belum mampu mengendalikan kendaraan dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, latih dan mahirkan diri anda ketika ingin berkendadra terutama di jalan raya agar tidak adanya korban baik diri anda maupun orang lain.

2. Mengantuk

Tidak dapat dibantahkan bahwa salah satu faktor dan penyebab dan penyumbang terjadinya kecelakaan adalah pengendara atau sopir yang mengantuk. Kejadian ini kerap terjadi pada sopir angkutan umum dan mobil pribadi. Pada umumnya kejadian kecelakaan karenan sebab mengantuk terjadi pada mobil angkutan umum. Banyak sopir mobil penumpang yang mengemudi dalam perjalanan jauh hanya memiliki satu sopir, akibatnya sang sopir mengantuk. Seharunya jasa angkutan umum menyediakan sopir minimal 2 orang dalam perjalanannya, tujuannya adalah agar menjamin keamanan dan keselamatan penumpang. Selain itu, jika para sopir sudah merasa mengantuk seharunya berhenti sejenak dan beristirahat. Lebih baik beristirahat sebentar daripada beristirahat selama-lamanya sedangkan amalan belum ada.

3. Kendaraan tidak siap

Ketika anda hendak melakukan perjalanan baik itu perjalanan jauh maupun dekat sebaiknya diperiksa terlebih dahulu keadaan kendaraan anda. Terutama rem, ban, mesin dan bagian lain yang dianggap perlu. Memang pada umumnya kecelakaan akibat rem blong tidak sebanyak kecelakaan akibat mengantuk tapi apa salahnya kita tetap waspada agar tidak mencelakakan orang lain akibat ulah kita.

4. Ugal-ugalan

Pengendara ugal-ugalan dan pelaku utama yang sering kita lihat adalah sopir angkutan umum bus. Saya hampir setiap hari melihat ugal-ugalan mobil bus yang tidak menghiraukan keselamatan pengendara lainnya. Mereka menyalip sana sini seakan tidak sadar ukurannya yang besar.
Tidak hanya bus, mobil angkutan umum lainnya seperti L300, angkot, labi-labi dan angkutan umum lainnya juga sangat ugal-ugalan dalam berkendara. Mereka pikir ini jalan nenek moyangnya sehingga jalan sesuka hatinya. Maka oleh sebab itu, tidak heran salah satu kendaraan yang sangat besar menyumbang kecelakaan lalu lintas adalah bus atau angkutan umum.

5. Suka menyalip

Menyalip kendaraan lain juga menjadi salah satu faktor penyabab kecelakaan. Dalam menyalip kendaraan lain harus memperhitungkan kecepatan dan peluang untuk berada didepannya. Sangat banyak sekali kendaraan yang gagal nyalip sehingga menabrak kendaraan lain atau bahkan masuk jurang. Berjalanlah dijalan raya dengan sabar dan hati-hati. Untuk apa berjalan dengan cepat tapi nyatanya tidak cepat sampai tujuan malah cepat sampai ke negeri akhirat? Apakah sudah banyak amal? Situ punya orang dalam?

6. Berhenti mendadak

Jangan terlalu suka berhenti mendadak, ingat jalan itu bukan milik nenek moyang kita. Jalan itu milik umum jadi hormatilah pengendara lainnya. Berhenti mendadak sangat sering menyebabkan kecelakaan karena pengendara lain menabraknya dari belakang. Jadilah pengendara yang bijak dengan memperhatikan keselamatan orang lain.

7. Bermain hp

Pada era digital ini kebanyakan pengendara melakukan komunikasi dengan kerabat maupun keluarga saat berkendara. Padahal hal tersebut sangat berbahaya bagi keselamatan dalam berkendara baik diri sendiri maupu orang lain. Bermain hp menjadikan kita tidak fokus dalam berkendara malah terfokus pada berkomunikasi. Maka sebaiknya hindari berkendara sambil bermain hp.

8. Jalan rusak

Ini merupakan tanggung jawab pemerintah. Pajak sudah dibayar tetapi jalan tidak kunjung baik. Kata mereka digunakan untuk infrastruktur, lantas kenapa jalan dimana-mana rusak bahkan tidak layak. Rakyat tidak butuh jalan tol karena rakyat hanya butuh jalan gratis.

Banyak sekali kejadian kecelakaan kerena keadaan jalan yang hancur bahkan tidak layak. Lubang sebasar kolam ikan bahkan kita bisa berenang di dalamnya. Sedangkan jalan tol sangat bagus, rakyat tidak bisa menikmatinya karena harus bayar. Bagaimana caranya kami bayar sedangkan makan sehari-hari saja masih sering tidak ada? Jadi sudah seharusnya jalur lalu lintas umum itu diperbaiki dan diurus.

9. Lain-lain

Ada banyak sekali faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang terjadi baik di Indonesia maupun di selaruh dunia. Sudah seharusnya kita berhati-hati dalam berkendara agar keselamatan diri dan orang lain tetap terjaga. Jangan hanya karena keegoisan diri kita menjadikan orang lain celaka.

Semoga ulasan ini bermanfaat, jangan lupa berkomentar untuk memberikan sumbangan faktor lain yang menurut anda cocok untuk ditambah dalam artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Faktor dan Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel