Bersuci Adalah Kunci Ibadah (Mengapa Harus Bersuci?)

Apa maksud dari bersuci? Bersuci atau yang lebih dikenal dengan thaharah adalah suatu perbuatan untuk menyucikan diri dari kotoran dan najis serta hadats. Bersuci wajib dilakukan ketika hendak melakukan ibadah seperti shalat dan ibadah lain. Ada banyak sekali pembahasan bersuci dalam bab taharah. Seperti bersuci dari najis baik itu najis berat, sedang dan najis ringan. Diantara bersuci dari najis termasuk didalamnya bab istinjak yaitu bab yang membahas tentang tata cara bersuci yang benar dari kencing dan ber4k. Ada juga bab bersuci terkait wudhu dan tayyamum. Dan yang paling terakhir yaitu bab mandi yaitu mandi wajib ketika sedang berhadats besar.

Mengapa bersuci adalah kunci ibadah? Bersuci adalah proses menyuscikan diri. Terkait hal ibadah, kita  bisa lihat bahwa ibadah seperti shalat mewajibkan untuk suci dari hadats dan najis. Hadats biasanya muncul karena tidak berwudhu, sebab j1mak, dan sebab lain. Najis bisa disebabkan oleh kotoran dan cara bersuci dari kencing dan ber4k yang tidak benar. Jika kita beribadah dalam keadaan tidak suci maka ibadah yang kita lakukan tidak akan pernah diterima. Maka oleh sebab itulah kenapa bersuci dikatakan kunci ibadah. Dengan kata lain bersuci adalah pokoknya ibadah.

mengapa kita harus bersuci sebelum melaksanakan shalat
Wudhu


Maka oleh sebab itu, perbaiki dan pelajari cara bersuci dengan benar agar ibadah kita menjadi diterima oleh Allah SWT.. Adapun kegiatan bersuci dilakukan dengan air yang suci lagi menyucikan. Dengan demikian maka ibadah yang kita lakukan tidak akan sia-sia. Perhatikan bab-bab bersuci berikut sebelum melakukan ibadah.

1. Bersuci dari kotoran dan najis

Bersuci dari kotoran dan najis termasuk didalamnya najis ringan, sedang dan berat. Wajib hukumnya sebelum melaksanakan shalat untuk bersuci dari kotoran dan najis. Contoh najis ringan adalah kencing anak laki-laki yang belum berumur 2 tahun dan belum makan apa-apa selain air susu ibunya. Najis sedang contohnya kotoran binatang, darah, bangkai dan lain sebagainya. Sedangkan yang dinamakan najis berat adalah anjing dan babi. Pelajari cara menyucikan dari najis tersebut agar sah dalam ibadah yang akan dilaksanakan.

2. Instinjak 

Istinjak adalah membersihkan segala hal yang keluar dari dua jalan baik qubvl atau dvbur. Membersihkannnya dengan menggunakan air yang suci dan menyucikan. Banyak sekali orang yang tidak mengerti dalam beristinjak sehingga tidak akan diterima ibadahnya. Bagaimana mungkin ibadah akan diterima sedangkan cara beristinjak saja tidak mengerti. Maka oleh sebab itu belajarlah cara bersuci dari kencing dan ber4k dengan benar agar ibadah yang kita lakukan diterima di sisi Allah.

3. Wudhu

Sebagaimana kita ketahui bahwa wajib hukumnya untuk berwudhu sebelum melaksanakan shalat. Maka oleh sebab itu wajib bagi kita belajar tata cara berwudhu dengan benar. Pelajari tata cara wudhu sesuai dengan mazhab yang anda teladani. Berwudhu tanpa adanya ilmu dan pengetahuan maka akan menimbulkan wudhu yang salah. Pelajari cara berwudhu pada orang yang sudah mengerti dan patut diteladani.

4. Mandi

Mandi dilakukan apabila seorang berhadats. Hadats yang mewajibkan mandi adalah hadats besar sedangkan hadats kecil hanya dengan berwudhu saja akan hilang. Mandi juga memiliki tata cara yang sudah ditetapkan. Jika mandi dilakukan tidak sempurna dan tidak sesuai ketentuan maka tidak akan sah maka otomatis ibadah yang dilakukan tidak akan sah pula.

5. Tayammum

Tayamum hanya dilakukan apabila tidak ada air. Tayamum bisa berfungsi sebagai ganti dari wudhu dan juga berfungsi sebagai ganti dari mandi dari hadats besar. Tayamum yang berfungsi sebagai wudhu memiliki ketentuan, satu kali tayamum hanya bisa digunakan untuk 1 kali shalat fardhu. Sedangkan untuk shalat sunat maka bisa digunakan untuk banyak shalat sekalipun. Untuk mandi, tayamum yang dilakukan untuk mandi tidak bisa lagi digunakan untuk shalat baik wajib maupun sunat.

Demikian ulasan terkait bersuci yang wajib kita pedomani agar ibadah menjadi sah dan diterima disisi Allah. Memang pada dasarnya ada banyak sekali faktor lain yang menjadi patokan sah atau tidaknya ibadah. Tetapi hal yang paling utama yang harus kita perhatikan adalah bersuci, bersuci adalah dasar dan pokok utamanya. Itulah sebabnya mengapa bersuci dikatakan kunci ibadah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bersuci Adalah Kunci Ibadah (Mengapa Harus Bersuci?)"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel