Bagaimana cara Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Jantung

Beberapa kebiasaan sehari-hari yang tidak baik akan mengakibatkan terjadinya sakit jantung pada keluarga tercinta. Oleh sebab itu haruslah kita mengetahui  beberapa hal-hal yang akan mengakibatkan terjadinya sakit jantung dan banyak sekali penyabeb yang belum diketahui. Oleh karena itu kami akan menguraikan bebrapa penyebab dan cara mencegahnya sebagai:

1. Tekanan Saat Berkerja

Berkerja dengan tekanan yang berlebih akan membuat jantung lebih ekstra dalam memompa dan berkontraksi. Oleh sebab itu, ini adalah Salah satu sebab terjadinya sakit jantung.

2. Riwayat keluarga

Penyakit jantung riwayat yang ada pada keluarga adalah gangguan dari proses perkembangan jantung saat masih bayi.

Bagaimana cara Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Jantung
Kesehatan Jantung


3. Kardimiopati

Yaitu pada kondisi jantung yang tidak sanggup dan tidak cukup kuat dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Keadaan ini sangat berbahaya karena dapat terjadi gagal jantung  dan hingga sampai jantung berhenti mendadak.

4. Hipertensi

Tekanan darah yang terus naik dalam waktu yang panjang akan mengakibatkan terganggunya fungsi pembuluh darah. Penginap hipertensi beresiko dua kali lipat dengan penyakit jantung. Dan juga akan menjadi berlipat ganda bila penderita jantung mengalami sakit DM (darah manis) dan kolestrol. Penyakit jantung sangat berhubungan dengan tekanan darah pada tubuh.

5. Obesitas

Kelebihan berat badan dapat mengakibatkan besarnya daya kerja jantung. Karena berat bada berlebih akan mengakibatkan perluasan volume dan sirkulasi darah terganggu.

6. Gaya hidup yang tidak sehat.

Aktifitas hidup yang tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung.  Seperti mer0kok dan keadaan stress adalah pemicu sakit jantung. Maka pola hidup yang sehat akan mengecilkan resiko sakit jantung.

7. Usia

Semakin bertambahnya usia maka resiko penyakit jantung semakin tinggi dan biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun.

Beberapa penyebab diatas adalah penyebab terjadinya penyakit jantung. Untuk itu, sebelum terjadi ada beberapa tips yang akan kami uraikan cara mencegah penyakit jantung. :

1. Rutin olahraga

Olahraga yang rutin akan mencegah terjadinya sakit  jantung dan menjaga kebugaran jantung  dan menjaga berat badan tetap ideal. Oleh karena itu lakukan olah raga setiap hari minimal 30 menit sehari. Jenis olahraga yang dilakukan tergantung pada kekuatan tubuh atau boleh bila anda ingin berkomsultasi terlebih dahulu pada dokter.


2. Perbanyak makan buah dan sayur

Makanan yang berserat juga sangat membantu asupan tubuh kita bila mengindap penyakit jantung karena serat yang ada pada sayur dan buah akan menjaga tubuh kita tetap ideal artinya kita tidak akan obesitas dan mengahambat kerjanya jantung.

3. Cek Tensi Darah Rutin

Rutin mengecek tensi darah adalah salah satu cara mencegah terjadinya penyakit jantung. Karena tekanan darah selalu terkontrol. Karena semakin besar tekanan darah maka semakin tinggi resiko terhadap penyakit jantung.

4. Batasi Asupan Kolesterol

Batasi dan hindari makanan yang akan meningkatkan kolesterol anda seperti daging berlemak, mentega dan jenis makanan lainnya. Untuk menurunkan kolesterol jahat anda bisa mengkonsumsi buah alpukat karena setelah diteliti alpukat mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

5. Jangan Stress

Hindari stress berlebih agar tidak menganggu kerja nya jatung yang memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Dan saat kita sedang mengalami stress makan hormon yang ada pada tubuh kita memproduksi andrenalin yang membuat kerja jantung lebih keras dan tekanan pada darah pun meningkat.

Beberapa uraian di atas adalah penyebab dan cara mencegah penyakit jantung semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk kontrol dengan dokter anda, apabila kesehatan dan kebugaran tubuh anda terganggu.

Kontributor: Istriku Tercinta

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana cara Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Jantung"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel