Bagaimana Cara Mengatasi Batuk pada Anak Secara Alami

Batuk pada anak akan membuat anak kurang nyaman dengan kondisinya, dan akan menganggu berbagai aktivitasnya. Kondisi batuk pada anak akan sering mengancam dirinya karena anak biasanya sangat rentan terhadap batuk dan sistem kekebalan tubuhnya yang masih sangat terpengaruhi. Sehingga orang tua harus sangat berhati-hati menjaga anaknya agar tidak batuk bahkan orang tua juga harus menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh anaknya. Karena batuk ini adalah suatu penyakit yang sangat lazim terjadi pada anak.

Batuk sendiri merupakan virus yang masuk ke dalam saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus (flu atau bronkitis) dan reaksi terjadi batuk adalah cara tubuh untuk menjaga dan melindungi paru-paru dari masuknya zat atau benda asing kedalam tubuh sehingga sangat menganggu.

Bagaimana Cara Mengatasi Batuk pada Anak Secara Alami
Anak sakit

Untuk itu. Kami akan menguraikan beberapa tips atau cara yang bisa orang tua lakukan untuk mengurangi atau meredakan batuk pada anak. :


  1. Berikan minum dan makanan yang berkuah lebih banyak, ini untuk membuat si anak mengencerkan lendirnya. Orang tua atau ibu boleh memberikan air hangat untuk anak atau sup hangat untuk melegakan dada si anak dan berikan madu untuk anak.
  2. Berikan jeruk nipis untuk anak dan boleh campur dengan madu atau kecap, tips ini sering kita dengar dan ini adalah salah satu tips tradisional dan sangat banyak yang melakukan tips ini dan berhasil. Cara ini tidak boleh dicoba untuk anak dibawah usia 1 tahun karena ditakutkan asam jeruk nipis menganggu proses pencernaan pada anak.
  3. Bila tenggorokan anak gatal bisa mencoba tips ini yaitu berkumur-kumur dengan air garam. Cara ini mampu menghilangkan gatal tenggorokan. Caranya campurkan ½ sendok garam ke dalam ¼ liter air hangat dan jangan lupa diaduk, tips ini sangat ampuh untuh meredakan gatal pada tenggorokan.
  4. Bila batuk pada anak berdahak maka bisa mencoba memberikan jus lemon pada anak tiap 3 jam sekali dan ketika memberikan jus lemon pada anak berikan pula satu gelas air putih. Karena jus lemon sangat mempengaruhi dehidrasi terjadi pada anak. Biasanya batuk berdahak ini bertahan sampai 2 sampai 3 minggu maka tips ini bisa di padukan dengan pemberian madu untuk anak agar proses penyembuhan batuk pada anak segera teratasi.
  5. Untuk tips meredakan batuk pada bayi  di bawah usia 12 bulan ibu bisa memberikan asi pada anaknya bila usia bayi dibawah 6 bulan maka susui bayi secara ekslusif karena komposisi yang ada pada asi mampu dan sangat ampuh dalam mengobati batuk pada bayi. Bangunkan bayi tiap 2 jam sekali untuk disusui bila ia tertidur. Semakin banyak asi yang diberikan pada bayi maka akan sangat berdampak penyembuhan batuk pada bayi. 


Beberapa tips diatas bisa di coba oleh para orang tua di rumah dalam mengatasi batuk pada anak agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik.Banyak sekali cara tradisonal yang aman bisa digunakan untuk penyembuhan batuk pada anak dan tetap upayakan menjaga asupan makanan yang diberikan agar lekas penyembuhan batuk dengan cara tips diatas. Untuk itu perlu sikap orang tua dalam menghadapi sakit yang menyerang pada anak. namun bila batuk terus terjadi sampai berminggu-minggu bahkan berbulan maka segera konsultasi pada dokter agar batuk yang terjadi segera diatasi. Karena jenis virus batuk sendiri bervariasi dalam menyerang tubuh kita. Semoga tips diatas bermanfaat.

Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat baik bagi penulis maupun bagi para pembaca. Jangan lupa baca artikel ulasan lain terkait kesehatan anak. Anaka yang sehat akan menjadi anak yang kuat dan anak yang sehat akan menjadi kebanggaaan kita. semoga anak-anak kita dijauhkan dari segala penyakit. aamiin

Kontributor: Istriku Tercinta

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Cara Mengatasi Batuk pada Anak Secara Alami"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel