Cara Menjaga Bayi dalam Kandungan agar Tetap Sehat dan Kuat

Kehamilan merupakan dambaan semua ibu di dunia. Belum terasa lengkap bila belum hadirnya si kecil didalam keluarga. Oleh sebab itu ketika awal kehamilan mendapatkan berita yang sangat gembira tentu seorang ibu ingin selalu menjaga janinnya sampai lahirnya bayi mungil di dalam kehidupan keluarga. Maka dalam artikel ini kami akan membahas beberapa tips cara ibu menjaga bayi di dalam kandungannya.

Salah satu cara merawat bayi yang masih dalam kandungan adalah dengan memenuhi semua kebutuhan bayi, salah satu contohnya adalah meminum susu agar si bayi mendapatkan kalsium yang cukup untuk pembentukan tulangnya. Di market ataupun apotik kini telah tersedia banyak sekali susu untuk ibu hamil yang aman, karenanya tidak ada alasan lagi ibu hamil tidak meminum susu ketika hamil. selain minum susu, silakan simak tips merawat bayi dalam kandungan berikut ini.
Cara Menjaga Bayi dalam Kandungan agar Tetap Sehat dan Kuat
Ibu hamil


  1. Jangan pernah meminum minuman yang mengandung soda dan alk0hol, dan sebaiknya perbanyak meminum air putih;
  2. Hindari memakan makanan yang memiliki rasa asam ketika sedang hamil muda;
  3. Perbanyak mengkonsumsi asam folat dan vitamin untuk menambah darah;
  4. Tidak melakukan aktivitas berat, intinya yang dapat membuat anda lelah;
  5. Cukupi kebutuhan gizi si anak dengan mengkonsumsi buah – buahan, sayuran, dan lainnya;
  6. Jaga posisi tidur agar bayi tidak tertekan ketika tidur;
  7. Terakhir periksakan kandungan anda setiap bulannya, sehingga anda dapat mengetahui perkembangan si bayi.


Dengan melakukan beberapa tips di atas, secara tidak langsung anda sudah merawat bayi yang masih anda kandung. Bagimanapun juga, agar bayi bisa terlahir dengan sehat anda sebagai ibu harus menjaganya sejak masih di dalam kandungan. Biasanya, saat berada di trimester awal kehamilan yaitu antara 0 sampai 3 bulan, sebagian besar ibu hamil akan mengalami gangguan berupa mual muntah. Meskipun gangguan tersebut adalah salah satu perubahan yang normal, tetapi ibu hamil tetap harus dapat memeranginya, mengingat asupan nutrisi sangatlah dibutuhkan untuk diri sendiri juga sang buah hati.

Baca juga: Cara mengatasi mual muntah saat hamil muda

Nutrisi yang tidak mencukupi pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko terjadinya abortus atau keguguran, yaitu gugurnya janin pada masa kehamilan muda. ibu bisa mengatasi rasa mual dan muntah dengan makan makanan bergizi dengan frekuensi sedikit-sedikit tapi sering. Dan jika rasa mual telah teratasi, ibu bisa meningkatkan frekuensi makan hingga dua kali lipat dari pada saat sebelum hamil. Berikut ini adalah beberapa pola makan yang dianjurkan, terutama saat masih menginjak trimester pertama sebagai salah satu tips menjaga kehamilan yang harus di perhatikan oleh Bumil semua.

Dan yang tak kalah penting juga, untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, yang harus di lakukakan oleh ibu hamil adalah menghindari berbagai aktivitas berat. Terlebih pada 3 bulan awal kehamilan. Sebab, pada masa awal kehamilan tersebut, sebagian besar wanita akan mudah lelah dan pingsan akibat tekanan darah yang menurun. Pastikan ibu hamil dan suami mengatur pola istirahat yang teratur dan sesuai dengan kebutuhan. Batasi aktivitas duduk dan berdiri yang terlalu lama. Jika perlu, ibu hamil di bantu suami bisa menyusun jadwal aktivitas agar lebih mudah dikontrol. Salah satu aktivitas yang perlu dihindari adalah mengendarai kendaraan bermotor. Karena jalanan yang licin atau berlubang tentu dapat meningkatkan resiko guncangan atau jatuh sehingga sangat rentan terhadap kondisi kehamilan.

Selain itu memperhatikan frekuensi berhubungan s3ksual, ibu dan suami juga harus mengatur posisi saat melakukan hubungan b@dan tersebut. Pastikan perut tidak tertindih saat melakukannya karena tekanan berat di atas perut juga dapat memicu terjadinya keguguran. Beberapa dokter ahli kandungan juga menyarankan untuk melakukan ej@kulasi di luar organ int!m wanita karena adanya kandungan prostaglandin di dalam sperma dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim. Jika ibu hamil sudah pernah pergi ke dokter atau bidan, tentu ibu akan memperoleh Buku Kesehatan Ibu dan Anak atau KIA yang menjadi panduan penting selama masa kehamilan hingga anak berusia 5 tahun. Dalam buku tersebut juga terdapat sebuah informasi mengenai tanda bahaya dimasa kehamilan yang sangat perlu untuk diketahui. Adapaun beberapa tanda bahaya kehamilan adalah sebagai berikut.


  1. Pusing berlebihan hingga membuat pandangan mata kabur serta berkunang-kunang
  2. Muntah terus menerus dan tidak mau makan
  3. Demam yang tak kunjung sembuh
  4. Bengkak di tangan, kaki, dan muka
  5. Terjadinya perdarahan dari alat kel@min
  6. Keluarnya cairan jernih secara spontan dari alat kel@min sebelum masa persalinan.


Jika ibu hamil mengalami tanda bahaya kehamilan tersebut, sebaiknya segera pergi ke dokter atau bidan agar segera mendapatkan penanganan. Itulah beberapa tips tentang bagaimana cara menjaga kehamilan agar tetap sehat yang dapat kami uraikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu bagi ibu hamil yang sedang mengandung janinnya.

Kontributor: Istriku tercinta

1 Response to "Cara Menjaga Bayi dalam Kandungan agar Tetap Sehat dan Kuat"

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel