Cara Mengatasi Sakit Demam Pada Anak Secara Mudah dan Efektif

Demam pada anak secara tiba-tiba sering terjadi, untuk itu orang tua sebaiknya tidak perlu khawatir dan hanya perlu langkah yang efektif dalam menurunkan demam pada anak dengan cara yang sangat tepat. Agar demam pada tidak melebihi suhu maximal dan ditakutkan bisa menyebabkan anak sampai kejang. Untuk itu kami akan berbagi sedikit langkah/cara menurunkan demam pada anak selamat membaca.

Penyebab demam pada adalah adanya reaksi dari pertahanan tubuh akibat terjadinya infeksi pada tubuh. Untuk itu langkah yang harus di lakukan oleh orang tua adalah mengukur suhu terlebih dahulu untuk memastikan demam yang terjadi pada tubuh anak karena dikatakan demam bila suhu tubuh diatas 37 ̊  demam terjadi berulang hingga terus menerus sampai kesadaran ikut menurun.

Untuk itu orang tua khususnya ibu selalu sediakan antipiretik atau paracetamol di dalam rumah karena ketika anak demam hal ini bisa dilakukan oleh ibu sebagai langkah awal untuk menurunkan demam si kecil yang tiba-tiba. Dan sebaiknya asupan makanan dan cairan terus di berikan kepada anak agar bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang diakibatkan oleh demam. Bila anak dalam 3 hari tidak turun panas atau bahkan terjadi demam yang berulang maka sebaiknya di bawa ke dokter untuk memastikan penyebab demam yang terjadi.
Cara Mengatasi Sakit Demam Pada Anak Secara Mudah dan Efektif
Anak sakit

Kemudian, ibu harus memastikan asupan gizi yang di berikan pada anak cukup dan seimbang agar membantu sistem imun pada tubuh agar tubuh kembali kuat. Berikan sari kacang hijau dan air mineral lebih banyak untuk menghindari dehidrasi. Berikan yang berprotein tinggi pada anak. Sebaiknya saat anak mengalami demam jangan tinggalkan anak sendiri dalam keadaan suhu meningkat.

Bila ibu ingin membantu menurunkan panas dengan cara kompres maka lakukan dengan air hangat dan tidak dibolehkan kompres dengan air dingin karena ditakutkan hal ini dapat memicu meningkatkan pengatur suhu tubuh dan mengakibatkan badan mengigil serta meningkatkan suhu tubuh pada anak. Saat melakukan kompres, lakukan pada bagaian selangk@ngan anak di bagian lipatan tubuh ini untuk membuka pori pori tubuh agar demam yang dirasakan oleh anak hilang.

Pakaikan pada anak pakaian yang longgar dan nyaman untuk dipakai. ini untuk memperlancar sirkulasi darah pada tubuh dan jangan berikan selimut yang tebal ini akan menghalangi panas di dalam tubuh untuk keluar. Berikan kenyamanan pada anak agar bisa beristirahat dengan baik.

Cara lain adalah pijat lah anak dengan pijatan yang lembut untuk memindah pusat demam di kepala turun ke anggota tubuh yang lain dan pijatlah bagian tangan dan telapak kaki sehingga suhu badan akan menurun secara perlahan-lahan pijat tanpa miyak/oil lebih baik dilakukan karena bila memijat menggunakan minyak/oil ini dapat menutup pori-pori pada kulit dan panas pun tidak turun. Dan sebaiknya anak yang demam bisa menjaga kebersihan diri seperti menyeka bagian badan dengan handuk basah dan air hangat ini dilakukan oleh orang tua kepada anak.

Banyak hal dan cara yang dapat kita lakukan untuk menurunkan demam pada si kecil. Untuk itu, langkah awal yang paling efektif dan paling tepat bisa dilakukan beberapa hal yang sudah kita uraikan diatas. Bila demam juga tidak kunjung turun dalam 3 hari bawalah anak ke fasilitas kesehatan untuk memastikan keadaan demam dan penyebab terjadi demam yang tidak kunjung turun. Semoga artikel ini bermanfaat.

Contributor: Istriku tercinta

0 Response to "Cara Mengatasi Sakit Demam Pada Anak Secara Mudah dan Efektif"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel