Apa Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jerawat sangat mengganggu penampilan seseorang. Orang yang pada dasarnya cantik dan ganteng bisa saja menjadi jelek karena munculnya jerawat. Timbulnya jerawat di muka membuat kita risih dengan penampilan kita sediri apalagi jerawat yang muncul adalah jerawat yang besar alias jerawat batu. Ada banyak faktor penyebab munculnya jerawat baik itu di dagu, pipi, kening/ jidad, hidung dan bagian-bagian lain yang mengganggu penampilan anda baik pada pria maupun wanita. Tidak hanya menggagu penampilan, jerawat juga terkadang menimbulkan rasa sakit pada bagian tersebut.

Jerawat bagi orang-orang tertentu memang sangat sulit untuk disembuhkan tetapi pada sebagian orang lain malah sangat mudah. Rata-rata jenis jerawat yang sangat sulit untuk dihilangkan adalah jerawat batu yaitu jerawat yang berukuran besar. Jerawat ini tumbuh beranak cucu di muka anda tanpa kita sadari.
Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengatasinya
Jerawat

Penyebab munculnya jerawat

Ada banyak sekali penyebab munculnya jerawat, bisa saja dari gaya hidup, lingkungan, keadaan tubuh dan bisa juga dari makanan. Apapun penyebabnya yang pasti jerawat sangatlah mengganggu bagi kita. Penyebab jerawat bagi semua orang tentunya berbeda, jadi silahkan simak ulasan berikut satu persatu.

Makanan 

Makanan adalah salah satu penyebab munculnya jerawat. Makanan-makanan tertentu mampu memicu timbulnya jerawat pada orang-orang tertentu. Namun pada sebagian orang tidak berpengaruh. Salah satu makanan yang mampu menimbulkan jerawat adalah makanan berminyak (gorangan), makanan berlemak, dan beberapa makanan lain.

Makanan-makanan bisa saja membuat muncul jerawat dengan cepat tapi bagi sebagian yang lain hanyalah pelan-pelan. Artinya semuanya tergantung juga pada respon tubuh anda terhadap makanan tersebut.

Menyentuh muka dengan tangan kotor

Tangan yang kotor sudah pasti banyak bakteri jahat. Jika anda menyentuh muka dalam keadaan yang kotor maka otomatis bakteri akan menempel pada muka anda. Bakteri ini akan beraktifitas pada muka anda, masuk ke pori-pori muka anda dan menyebabkan munculnya jerawat. Muka yang sensitive akan lebih mudah munculnya jerawat dibandingkan dengan muka yang tidak sensitif.
Oleh sebab itu, perhatikan tangan anda dan pastikan tangan anda dalam keadaan bersih ketika memegang muka.

Kejadian ini juga terjadi ketika kita menggaruk muka karena gatal. Kuku yang tersentuh pada muka akan menyebabkan muka anda infeksi sehingga menyebabkan munculnya jerawat. Biasanya jerawat yang muncul lebih parah daripada jerawat yang biasanya. Maka oleh sebab itu, jangan biasakan menggaruk muka anda dengan kuku, usahakan menggunakan tisu yang bersih yaitu dengan cara menggosok pelan-pelan saja.

Tempat tidur dan hp 

Tempat tidur menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Tempat tidur yang memicu jerawat adalah tempat tidur yang kotor. Tempat tidur yang kotor yang sprey dan sarung bantal jarang diganti akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Kita yang setiap hari dan malam berbaring di atasnya otomatis akan menjadi sasaran kuman. Muka yang bersentuhan langsung dengan bantal akan mudah dihinggapi kuman dan masuk ke pori-pori wajah. Pada akhirnya bakteri ini menjadi penyebab munculnya jerawat.

Selain itu smartphone atau hp juga menjadi salah satu penyebab jerawat. Layar hp yang sering kita sentuh dengan tangan yang kotor akan menjadi sarang kuman, ditambah lagi dengan panas hp maka akan lebih mudah bakteri berkembang biak. Hp yang kotor kemudian kita tempelkan di wajah saat menelpon maka bakteri akan berpindah ke muka kita. Bukankah ini snagat mengerikan?

Rambut yang kotor

Rambut yang kotor akan menjadi sarang kuman. Kuman yang hinggap di rambut karena kotor akan lebih mudah menuju muka dan memicu jerawat dimuka anda. Bersihkan rambut anda agar tidak adanya kuman di rambut anda dan anda terbebas dari jerawat.

Mencuci muka dengan sabun yang salah dan tidak cocok untuk muka

Anda harus memperhatikan sabun pencuci muka untuk anda. Jika muka anda termasuk salah satu muka yang sensitif maka harap perhati-hati. Perhatikan saat menggunakan sabun tertentu, jika jerawatnya semakin parah sebaiknya tinggalkan saja. Akan tetapi saran kami gunakan saja sabun yang alami yang tidak banyak mengandung bahan kimia.

Selain itu, penggunaan sabun pencuci muka dan pemutih bagi sebagian orang tidak cocok karena muka yang sensitif. Oleh sebab itu hindari penggunaan sabun muka tertentu yang tidak cocok pada anda.

Memakai kosmetik yang salah 

Memakai kosmetik yang salah akan menyebakan munculnya jerawat. Memakai kosmetika yang salah bisa kita bagi dua yaitu penggunaan yang salah dan kosmetik yang tidak cocok dengan muka anda.

Penggunaan kosmetik yang salah seperti anda memakai kosmetik lantas malas untuk mencucinya atau membersihkannya. Kosmetik yang kita pakai akan menyumbat pori-pori dan menghalagi muka mengeluarkan kotoran-kotoran dari pori-pori tersebut, jika lama-kelamaan maka akan menimbulkan jerawat.

Bagi anda yang menggunakan kosmetik yang kurang cocok dengan muka anda bisa juga menjadi penyebab munculnya jerawat. Maka perhatikan kosmetik yang anda gunakan, pilihlah yang aman dan cocok untuk muka anda.

Stres

Tidak banyak orang yang tahu bahwa stres menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Stres baik yang disebabkan oleh masalah tuntutan kerja dan masalah pribadi akan menyebabkan muncul jerawat. Stres bukan hanya memicu tumbuhnya jerawat tetapi juga membuat jerawat semakin parah.

Tekanan dan gesekan pada kulit

Tekanan dan gesekan yang terjadi biasanya seperti sering memencet jerawat, memencet komedo dan akibat lain yang menyebabkan gesakan atau tekanan pada muka anda. Muka yang tergesek dan mendapatkan tekanan akan mudah memunculkan jerawat, bahkan keadaan seperti ini bisa membuat keadaan jerawat semakin memburuk.

Darah jerawat

Darah jerawat yang menyebar ketempat lain akan menyebabkan tumbunya jerawat baru. Oleh sebab itu, jika jerawat anda berdarah usahakan lap memakai tisu atau langsung bersihkan menggunakan sabun agar bakterinya tidak menyebar.

Cara mengatasi jerawat dari penyebab di atas 


  • Hindari makanan yang bisa menyebabkan jerawat.
  • Hindari menyentuh muka dalam keadaan tangan kotor, jika ingin menyentuhnya usahakan dalam keadaan bersih. Alanglah lebih baiknya menyentuhnya menggunakan tisu.
  • Selalu ganti sprey dan sarung bantal anda agar selalu dalam keadaan bersih.
  • Sering bersihkan layar hp anda, dan kurangi kontak langsung layar hp dengan muka.
  • Sering bersihkan rambut anda.
  • Gunakan kosmetika yang cocok untuk muka anda dan bersihkan kosmetik sampai bersih di muka.
  • Jangan gunakan sabun muka atau pembersih wajah yang tidak cocok denga muka anda, gunakan saja sabun yang mengandung bahan alami.
  • Hindari stress.
  • Jangan menekan atau membuat wajah anda tergesek.
  • Jangan biarkan darah jerawat menyebar ke area muka lain, jika sempat menyebar maka langsung bersihkan menggunakan air bersih.


Itulah beberapa penyebab munculnya jerawat dan beberapa tips mengatasinya. Semua ini sudah kami lakukan untuk mmenyembuhkan jerawat di muka kami dan Alhamdulillah jerawat berkurang. Semoga jerawat kita segera hilang, Aamiin. 

0 Response to "Apa Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.