Apa Gangguan dan Penyakit yang Membahayakan Kehamilan

Kehamilan adalah keadaan yang sangat di dambakan oleh setiap wanita yang merencanakan kehamilan. Namun banyak masalah dan keadaan yang akan mengancam kehamilannya. Untuk itu  ada beberapa gangguan yang dapat terjadi dalam kehamilan yang akan di bahas. Maka para ibu harus mengetahui komplikasi apa yang akan terjadi pada masa kehamilan berlangsung. tujuannya adalah agar kehamilan anda tetap terjaga dan si Anak tetap dalam keadaan sehat ketika berada dalam kandung dan selamat waktu lahir.

Kita tidak boleh menyepelekan beberapa penyakit atau gangguan pada ibu hamil karena ini dapat berakibat fatal. Harap utamakan kesehatan si Ibu ketika dalam keadaan hamil apalagi masih dalam keadaan hamil muda.
Gangguan dan Penyakit yang Membahayakan Kehamilan
Ibu hamil


Baca juga: Hal yang harus dilakukan saat hamil muda


1. Anemia 

Masalah anemia sangat sering terjadi pada masa kehamilan bahkan pada remaja  gejala yang tampak bisa dilihat dari ibu hamil yang kelihatan wajah dan telapak tangan pucat mudah lelah dan lesu. Anemia adalah keadaan dimana hemoglobin ibu rendah maka untuk mengatasi masalah tersebut ibu hamil harus datang ke fasilitas kesehatan dan memeriksa diri pada petugas kesehatan agar dapat di tangani dengan tepat. Hal ini tidak hanya berdampak pada ibu namun juga berdampak pada janin yang suplay oksigen dari ibu ke plasenta terhambat.

2. Infeksi

Pada ibu yang mengalami demam tinggi (febris) dan berlangsung lebih dari 3 hari maka harus segera diketahui penyebab infeksi yang terjadi agar segera di ketahui apakah akan berdampak pada bayi yang di kandungnya atau tidak.

3. Ketuban pecah dini (KPD)

Ketuban atau selaput ketuban yang bertugas melindungi bayi dan membungkus bayi di dalam kandungan tidak boleh pecah sebelum waktunya. Dan cairan ketuban yang keluar normalnya berwarna jernih namun bila sudah tidak bening bahkan kehijau-hijauan menandakan bahwa sudah terinfeksi dari kuman. Untuk itu segera lakukan pemeriksaan bila terjadi hal yang demikian.

4. Sering berdebar-debar dan sesak nafas

Bila ibu hamil mengalami hal demikian sering merasakan mudah lelah, kemudian berdebar-debar dan sesak nafas padahal tidak sedang beraktifitas maka segera waspadai karena di takutkan adalah gangguan jantung dalam kehamilan. Maka keadaan seperti ini di butuhkan perawatan khusus dan harus di rawat maka proses persalinan pun harus di fasilitas kesehatan yang memadai dan di tangani oleh dokter.

Artikel terkait: Cara mengatasi Mual Muntah saat hamil muda

Begitu banyak persoalaan komplikasi yang akan terjadi pada masa kehamilan. Ibu harus mewaspadai bila terjadi gangguan kesehatan saat hamil karena yang ditakutkan akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam Rahim. Maka ibu hamil harus benar-benar menjaga kesehatan dan sehat dalam mempertahankan kehamilannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kontyributor: Istriku tercinta

0 Response to "Apa Gangguan dan Penyakit yang Membahayakan Kehamilan"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel