Bagaimana Cara Merawat Payudara Saat Menyusui Agar Tetap Kencang

Menyusui adalah rutinitas bagi kaum ibu yang memiliki bayi di bawah usia dua tahun dan merupakan anjuran yang harus dilakukan karena dilihat dari manfaat pemberian ASI sendiri. oleh sebab ibu itu banyak ibu yang merasa enggan saat memberikan ASI kepada bayinya karena banyak persoalan seperti rasa perih dan sakit pada payudara dengan alasan ketidaknyamanan dan mengorbankan manfaat yang sangat baik bagi bayi maupun ibunya yang di peroleh dari ASI (Air Susu Ibu).

ASI memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan bayi dan sangat berperan penting dalam membentuk karekater anak sejak dini. Tingkat kecerdasan dan Kejeniusan anak akan berbeda dengan yang tidak diberikan ASI. Oleh sebab itu, para ibu harus berusaha agar tetap memberikan ASI kepada anaknya dan ikuti beberapa tips agar ibu menyusui bayinya dengan benar:
 Cara Merawat Payudara Saat Menyusui Agar Tetap Kencang
Menyusui

  • Pakailah yang bra yang terbuat dari bahan yang nyaman di pakai oleh ibu menyusui biasanya ibu menyusui ada bra khusus dan hindari pemakaian bra yang memiliki garis plastik;
  • Gunakan payudara secara bergantian saat memberikan ASI pada bayi jangan untuk menghindari pembengkakan payudara;
  • Saat memindahkan bayi jangan langsung menarik dari payudara tetapi masukkan jari kelingking ibu secara perlahan antara mulut bayi dengan payudara ibu untuk melepaskan isapan bayi.
  • Bila terjadi pembengkakakan pada payudara maka kompres payudara dengan es untuk mengurangi pembengkakan;
  • Bersihkan payudara setiap hari dan sebelum menyusi bayi menggunakan kain yang lembut dan air hangat. Dan hindari pemakaian sabun karena bisa menyebabkan iritasi pada payudara


Oleh sebab itu ibu tidak perlu khawatir saat memberikan ASI pada bayi karena manfaat dari ASI sangat baik dan mengandung banyak komponen yang penting dan mudah di cerna oleh usus bayi. Banyak lagi kandungan yang ada dalam ASI seperti asam amino yang mendukung dalam perkembangan otak bayi. Bayi yang berusia 0-6 bulan hanya cukup dengan ASI tanpa makanan tambahan lainnya. Dan MPASI (makanan pendamping ASI) sebaiknya di berikan pada bayi di atas usia 6 bulan karena pertumbuhan dan perkembanagan nya tidak hanya cukup dengan ASI.

Baca juga: Manfaat ASI eksklusif untuk bayi

Tidak hanya itu, menyusui bayi dengan baik akan terjalin rasa kasih sayang antara ibu dan bayi oleh karena itu ibu yang menyusui bayinya seringlah dalam keadaan memandang dan memberikan menyentuh bayi dengan dengan kasih sayang. Dengan menyusui hubungan batin antara ibu dengan bayi akan terjalin erat.

Kontributor: Istriku tercinta

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Bagaimana Cara Merawat Payudara Saat Menyusui Agar Tetap Kencang"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel