6 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Awal Kehamilan

Saat awal kehamilan bagi calon orang tua yang sangat menanti kehadiran buah hati merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan. Mungkin bagi calon orang tua untuk pasangan yang baru mendengarkan awal kehamilan ini sangat senang namun binggung apa yang harus dilakukan.mempersiapkan kehamilan sampai proses persalinan belum terbayangkan dan sangat dibutuhkan dukungan dari keluarga. Untuk itu banyak persiapan yang harus dilakukan.

1. Nutrisi ibu dan janin terpenuhi

Ibu harus makan makanan yang bergizi dan hindari makanan yang memakai penyedap karena tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin. Ibu sebaiknya makan makanan yang berprotein tinggi, seperti ikan, daging, telur dll. Porsi makanan ibu pun sebaiknya lebih sedikit karbohidrat namun lebih tinggi protein.
6 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Awal Kehamilan
Ibu hamil dan suaminya

2. Jauhkan diri dari r0k*k atau alk*h0l.

Ini sangat membahayakan ibu dan janin, maka untuk itu ibu hamil jaukan dari paparan asap r*k0k atau minuman beralk*h0l dan jangan sampai merokok.

3. Jadwal kunjungan pemeriksaan kehamilan (antenatal care)

Ibu dan suami harus berkonsultasi untuk pemeriksaan kehamilan ini. Pilihlah bidan atau dokter obgyn yang dipercaya dalam menangani pemeriksaan kehamilan. Usahakan untuk selalu memperhatikan kesehatan kandungan agar tetap dalam keadaan baik sampai proses persalinan tiba.

4. Konsumsi Vitamin Pranatal

Ibu hamil membutuhkan dosis tambahan untuk beberapa vitamin tertentu. Misalnya, wanita hamil membutuhkan asam folat 400 hingga 600 mikrogram sehari untuk melindungi janin dari cacat lahir. Karena nutrisi ini sangat penting, wanita dianjurkan sudah meminumnya saat mulai mencoba untuk hamil. Biasanya ini berikan dengan gratis di puskesmas tablet penambah darah.

5. Tempat bersalin

Persiapan yang matang dimana ibu akan bersalin harus dipikirkan pada awal kehamilan agar jika sewaktu-waktu mengalami komplikasi langsung memeriksa diri ke bidan atau dokter dan fasilitas kesehatan lainnya.

6. Perlengkapan bayi

Ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan dalam memilih baju bayi atau perlengkapan bayi lainnya, namun sebaiknya ini di lakukan pada usia kehamilan yang sudah mendekati dengan persalinan karena jika dilakukan pada awal kehamilan kita tidak tau komplikasi apa yang akan terjadi pada kehamilan kita. Dan usahakan pilih yang netral artinya apapun jenis kelamin bayi kita dapat di pakai.

Baca juga: Tanda-tanda awal kehamilan

Maka untuk ibu hamil trimester pertama (1-3) bulan persiapakan kehamilan ini dengan sangat baik. Jaga selalu kesehatan dan sebaiknya suami harus siap siaga dalam menghadapi kehamilan sampai proses persalinan istri nanti. Nutrisi dan pemeriksaan kehamilan merupakan kunci dari kehamilan yang berkualitas.

Kontributor: Istriku Tercinta

0 Response to "6 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Awal Kehamilan"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.