Tahap Perkembangan Bayi dan Balita Tiap Bulan

Pemberiaan yang paling indah dan yang sangat di idam-idamkan oleh setiap pasangan suami-istri yang sudah menikah tentu adalah ketika dititipkan buah hati oleh Allah SWT. Dan begitu bahagiannya mungkin kita terus melihat setiap tumbuh kembang anak dan setiap pekembangannya. Maka untuk orang tua terus perhatikan dan memantau anak setiap harinya dari sejak ia dalam kandungan. Dan jangan berikan makanan apapaun kepada bayi selain ASI pada usia1-6 bulan pertama dan berikan MP( makanan pendamping ) ketika bayi berusia diatas 6 bulan. Untuk mengetahui tumbuh kembangnya  bawalah anak ke posyandu atau ke klinik bidan atau ke dokter untuk mengetahui perkembangan anak menurut usianya. Dan ada beberapa yang perlu kita ketahui perkembangan anak sesuai umur 1-6 bulan pertama:

Baca juga: Cara memandikan bayi yang baru lahir


Usia 1 Bulan 

Bayi usia 1 bulan biasanya tidur selama 16-17 jam per hari dan hanya bangun untuk minum ASI. bangunkan bayi setiap dua jam sekali untuk menyusui agar payudara ibu tidak bengkak. untuk itu bayi jangan diberikan apapun kecuali ASI karena lambung bayi belum mampu untuk mencerna makanan yang di makan.


Usia 2 Bulan 

Pada bayi yang sudah berusia 2 bulan biasanya bayi sudah terlihat kenaikan berat badan dan gerakan motorik halus seperti mendengar bunyi atau suara sudah tampak gerakan-gerakan kaki bayi seperti menedang-nendang. Dan biasanya isapan ASI pada bayi pada usia 2 bulan semakin kuat dan ibu sering merasakan haus dan lapar.
Tahap Perkembangan Bayi dan Balita Tiap Bulan
Bayi Tidur


Usia 3 Bulan 

pada tahap ini biasanaya bayi sudah mampu megenal banyak hal misanya ia sudah mampu memegang botol susu sendiri dan ia sudah mampu mencari sumber bunyi atau suara dan menoleh ke kiri atau ke kanan untuk melihat sesuatu.


Usia 4 Bulan

Bayi sudah mampu berceloteh dengan gerakan motorik halus menoleh ketika mendegar suara dan penglihatannya sudah terlihat semakin jelas biasanya untuk bayi seusia 4 bulan ini sudah mampu mengangkat kepala dan berguling-guling.


Usia 5 Bulan

Pada usia 5 bulan biasanya bayi sudah dapat duduk namun belum stabil karena pengaruh tulang yang masih sangat lentur. Biasanaya bayi sudah dapat mengangkat tangan sebagai tanda ingin digendong atau menangis ketika menjauh darinya.


Usia 6 Bulan

pada usia 6 bulan. bayi sudah dapat mencerna makanan padat maka tetap berikan ASI namun berikan makanan pendamping ASI karena bayi tidak cukup lagi hanya dengan ASI maka perkenalkan makanan padat pada bayi yang sehat dan hasil olahan ibu agar menjamin makanan yang diberikan tanpa penyedap, seperti memberikan nasi atau bubur tim yang di padukan dengan beberapa sayur kemudian di saring namun tidak begitu padat (kental).

Untuk itu pantau selalu tumbuh kembang bayi kita agar kita mampu mendeteksi secara awal apabila ada perkembangan atau pertumbuhan yang terhambat. Semoga bermanfaat.

Penulis: Istriku Tercinta

0 Response to "Tahap Perkembangan Bayi dan Balita Tiap Bulan"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.