Penyebab Terjadinya Hipertensi

Hipertensi yang lebih dikenal dengan darah tinggi adalah tekanan darah tekanan sistolik melebihi 140 mmHg dan tekanan diastoliknya yang melebihi 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat. Dalam artian pengukuran darah dilakukan ketika sedang santai tidak habis berlari atau mengerjakan sesuatu yang menguras tenaga. Banyak penyebab dan faktor resiko yang terjadi bila tekanan darah saat pengukuran tidak normal (hipertensi) ini dapat menyebabkan terjadinya stroke, jantung bahkan gangguan ginjal sampai kronis serta lainnya. Maka perlu melakukan chek up tekanan darah rutin. Banyak sekali penyebab terjadinya hipertensi dan akan kita bahas dalam artikel ini.

Banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau Hipertensi. Kebanyakan berasal dari kebiasaan hidup dan makanan yang sering kita kunsumsi. Selain itu, ada juga faktor biologis yang berasal dari tubuh kita sendiri, untuk lebih jelas silahkan simak uraian berikut ini.
Penyebab Terjadinya Hipertensi
Tensi darah 

1. Usia 

Usia dapat menyebabkan hipertensi karena biasanya tekanan darah meningkat dengan bertambahnya usia, pada laki-laki akan meningkat pada usia diatas 45 tahun sedangkan pada perempuan akan meningkat pada usia diatas 55 tahun.



2. Kebiasaan hidup tidak sehat

Kebiasaan hidup tidak sehat dapat mempengaruhi terjadinya hipertensi kurangnya olahraga, mer*k0k, dan bahkan beralk*h0l dapat memicu terjadinya hipertensi dan ini harus dihindari dan lakukan olahraga rutin.

3. Pola makan tidak sehat

Pola makan juga harus sangat di control untuk mencegah terjadinya hipertensi maka para penderita harus mengurangi asupan garam dalam tubuhnya karena garam penyebab utama dalam peningkatan darah tinggi.

4. Stress berkempanjangan

Hindari stress berkepanjangan karena sress membuat otak melepaskan hormon-hormon yang membuat stres dalam tubuh, yang semuanya dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung serta menyempitkan diameter pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah anda akan mengalami peningkatan 30-40 persen.

5. Obesitas ( kenaikan berat badan)

Berat badan yang berlebih atau yang lebih dikenal dengan obesitas menyebabkan terjadinya hipertensi karena semakin berat massa tubuh, semakin banyak darah yang diperlukan untuk mengantar oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Karena itu, tekanan dalam arteri akan naik agar darah bisa diedarkan dengan lancar. Akibatnya, jantung yang dipaksa kerja keras lama-lama bisa mengalami kerusakan. Maka perhatikan selalu kenaikan berat badan agar dapat menghindari terjadinya hipertensi.

Artikel terkait : Cara dan gaya hidup sehat

Tidak hanya uraian diatas saja yang bisa menyebabkan hipertensi namun banyak faktor-faktor lain juga yang dapat memicu terjadinya hipertensi. Maka lakukan Pemeriksaan kesehatan rutin agar tetap terkontrol tekanan darah dan pola hidup sehat yang kita terapkan dari dalam kehidupan sehari-hari menjadikan kita individu yang sehat dan sehat sangat berharga.

Kontributor: Istriku tercinta

0 Response to "Penyebab Terjadinya Hipertensi"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.