Manfaat ASI Eksklusif bagi Ibu dan Bayi

ASI merupakan makanan pertama yang harus didapatkan oleh bayi sejak ia lahir. ASI diproduksi oleh ibu  ketika ibu hamil sampai ia berhenti menyusui. Banyak sekali manfaat yang di dapatkan dari ASI ketika pemberian ASI ini dilakukan terus menerus tanpa ada makanan tambahan atau makanan yang lain yang di berikan untuk bayi karena hanya cukup dengan ASI.

Pemberian ASI kepada bayi dimulai sejak bayi lahir sampai umur 2 tahun. Namun bila bayi sudah berumur 6 bulan maka dibutuhkan makanan pendamping ASI karena bayi sudah tidak cukup dengan ASI saja. banyak sekali manfaat yang dapat diberikan oleh ASI untuk bayi salah satunya menjaga imunitas bayi dan manfaat-manfaat yang lain akan kita urai di bawah ini.

1. ASI nutrisi utama untuk bayi.

ASI ekslusif secara tidak langsung dapat mengurangi angka bayi yang kekurangan gizi. Oleh sebab itu, peran ibu agar mau menyusui bayinya terus menerus sangat penting dan jangan diberi asupan makanan lain kepada bayi cukup dengan ASI karena lambung bayi belum mampu menyaring makanan yang berat-berat.
Manfaat ASI Eksklusif bagi Ibu dan Bayi
Menyusui

2. ASI Mencegah Terjadinya Infeksi 

Banyak penelitian yang telah menemukan bahwa ASI bisa mencegah alergi dan penyakit. Bahkan peneliti baru ini menambahkan banyak manfaat ASI  salah satunya ASI bisa mencegah infeksi oleh bakteri buruk lainnya dan membantu sistem kekebalan tubuh pada bayi.

3. Dapat Mencerdaskan Bayi/Anak

anak yang rutin diberi ASI sejak bayi memiliki tingkat kecerdasan atau intelegensi yang lebih baik dibanding anak yang mengkonsumsi susu formula. Inilah pentingnya mengupayakan pemberian ASI eksklusif  bagi bayi sejak dini.

4. Dapat Mempererat Kasih Sayang Ibu Dan Bayi

ASI juga dapat memenuhi kebutuhan kasih sayang/emosi (perkembangan) dan akan meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi. Hal ini penting karena berperan dalam menentukan perilaku anak dikemudian hari, menstimulasi perkembangan otak anak dan secara tidak langsung akan meningkatkan rasa kepercayaan diri anak yang terbentuk dari rasa aman dan nyaman pada saat ibu menyususui bayinya.

5. Sebagai alat kontasepsi/KB Alami

ASI juga di kenal dalam upaya alat kontrasepsi alami karena kadar hormone prolactin dapat menurunkan/ menekan hormone yang menyebabkan kesuburan sehingga mencegah ibu menyusui terjadinya ovulasi. Metode ini banyak yang berhasil bila dilakukan dengan baik oleh ibu dan mengikutsertakan keluarga terutama suami karena dengan menyusui adekuat ini membuat keberhasilan ASI sebagai alat kontasepsi KB alami.

Baca juga: Cara merawat bayi yang baru lahir

Begitu banyak manfaat ASI yang bisa di dapatkan untuk kesehatan penunjang bayi maupun Ibu. Maka persiapkan diri bagi ibu hamil agar dapat menyusi bayi setelah lahir dengan sebaik mungkin. Tidak hanya itu, dukungan keluarga dan suami sangat di butuhkan karena dapat membantu mensupport ibu dalam memberikan ASI. Semoga uraian ini bermanfaat baik bagi penulis atau pembaca, aamiin.

Kontributor: Istriku Tercinta

0 Response to "Manfaat ASI Eksklusif bagi Ibu dan Bayi"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.