8 Kelangkapan Wajib Blog Sebelum Mendaftar Google Adsense

Google adsense merupakan salah satu cara monetisasi blog yang sangat popular di kalangan blogger. Google adsense merupakan jaringan iklan atau program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Kita akan dibayar setiap kali orang yang mengunjungi blog kita dan melakukan klik pada iklan. Google adsense termasuk jaringan iklan yang membayar membernya dengan harga yang sangat mahal. Akan tetapi mendaftar google adsense sangatlah rumit. Mendaftar google adsense tidak sama dengan mendafatar di jaringan pengiklan lainnya. Butuh blog yang benar-benar mantap dan lengkap persyaratannya agar di terima menjadi publisher iklan Adsense. Ada banyak hal yang harus dilakukan atau diterapkan pada blog yang akan di daftarkan adsense, salah satu hal yang harus di terapkan pada blog sebelum mendaftar google Adsense adalah Kelengkapan Blog.

Kelengkapan blog adalah hal-hal yang harus dimiliki oleh blog ketika sedang dalam masa peninjauan atau sebelum diajukan. Para tim adsense akan melihat kelengkapan yang dimiliki blog ketika itu dan akan menyetujuinya jika blog anda sudah memiliki kelangkapan seperti yang disyaratkan. Ada banyak sekali kelangkapan yang harus dimiliki oleh blog agar diterima Google Adsense yang akan kami bahas berikut ini. Hal ini kami dasarkan pada pengalaman diterimanya menjadi publisher Adsense.

8 Kelangkapan Blog Sebelum Mendaftar Google Adsense
Laptop


Baca juga: Rahasia diterima Google Adsense dengan cepat

Memiliki artikel yang cukup

Seperti yang telah kami bahas pada artikel-artikel sebelumnya bahwa banyak para blogger dan master-master yang menggaluti atau menjadi publisher dilayanan iklan Google Adsense berpendapat bahwa setiap blog harus memiliki minimal 60 buah artikel atau lebih agar diterima menjadi publisher adsense. Hal ini dapat kami benarkan bahwa beradsarkan pengalaman kami, kami diterima menjadi publisher adsense ketika memiliki artikel sekitar 60 buah lebih.

Akan tetapi, ada juga sebagian yang berpendapat bahwa mendaftar Google Adsense tidak meski memiliki 60 buah artikel, cukup miliki 10 buah artikel maka anda akan diterima. Hal ini tidak dapat kami bantahkan karena banyak juga yang diterima. Tetapi kami menyarankan untuk mendaftar ketika artikel 60 buah.

Memiliki halaman pendukung blog

Halaman pendukung blog sangatlah penting bagi blog anda. Google adsense juga mensyaratkan halaman-halaman ini. Meskipun ada sebagain yang berpendapat bahwa tidak semua halaman disyaratkan tetapi kami akan menyarankan untuk memiliki dan memasang semuanya. Tujuannya adalah agar blog anda memiliki nilai plus saat di tinjau oleh mereka. Halaman-halaman yang penting tersebut adalah halaman about, disclaimer, policy privacy, kontak dan halaman Peta Situs. Halaman-halaman ini bisa anda buat di halaman statis blog anda agar sesuai dengan yang disarankan.

Untuk membuat halaman kontak, anda bisa melihat tutorial membuat halaman kontak di halaman statis. Hasilnya nanti akan seperti halaman kontak pada blog ini. Sedangkan halaman-halaman lain bisa anda sesuaikan sendiri.

Untuk halaman peta situs pada blog, anda bisa memanfaatkan peta situs otomatis agar anda tidak perlu mengupdatenya setiap kali mengupdate artikel.

Mungkin anda juga bertanya, “kenapa sebagain blog yang tidka memiliki halaman pendukung tetapi bisa memiliki iklan Adsense?” Pertanyaan ini memang sering sekali ditanyakan oleh para blogger-blogger. Mungkin anda pernah mendangat “satu akun adsense untuk banyak blog”. Hal ini inilah yang dimanfaatkan oleh orang tersebut. Mereka melakukan upgrade adsense dan memasang iklan adsense mereka ke banyak blog yang dimiliki.

Memiliki widget-widget penting

Memiliki widged-widget penting memang sangat diutamakan. Hal ini dianggap sebagai navigasi pada sebagain widged dan sebagian lagi sebagai pemberi informasi dan komunikasi antara pembaca dan pemilik blog. Ada beberapa widget yang penting dan wajib dimiliki setiap blog sebelum mendaftar google Adsense yaitu Widget Popular post, Recent Post, Arsip Blog, kategori, Profil Blogger, Profil Google Plus, Halaman Sosial Media (kami sarankan Facebook) dan widget berlangganan email. Jika anda memiliki widget selain yang kami sebut silahkan dihapus saja karena akan membauat berat blog anda.

Untuk widget popular pos dan recent post, usahakan jangan tampilkan thumbnail dan cuplikan. Hanya tampilkan judul artikel saja, silahkan lihat seperti blog ini.

Memiliki kolom komentar

Ada sebagaian blog tidak memiliki kolom komentar, seharusnya setiap blog itu harus ada kolom komentarnya agar para pemirsa bisa berkomunikasi langsung di dalam artikel yang terkait. Kolom komentar harus dimiliki oleh blog sebelum mendaftar Google Adsense.

Mendaftar di Google Webmaster Tools dan membuat sitemap

Mendaftarkan blog anda ke Google webmaster Tools adalah diwajibkan untuk setiap blog. Didalam akun ini, anda akan mengirim peta situs agar google mudah merayapi blog anda. Google mewajibkan anda untuk mendaftarkan blog anda di Google Webmaster dan melakukan submit sitemap atau peta situs. Keunggulan lain adalah blog anda akan cepat terindek dalam mesin pencari google.

Silahkan tunggu hingga artikel anda terindek semua di Google Webmaster Tool sebelum mengajukan pendaftaran di google webmaster.

Mendaftarkan blog di google Analitic

sama halnya dengan Google Webmaster Tools, Mendaftarkan blog anda ke Google Analitic adalah suatu keharusan agar diterima menjadi publisher adsense. Jika blog anda belum memiliki atau belum didaftarkan di Google Anlitic maka kami sarankan untuk mendaftarkannya terlebih dahulu. Jika sudah maka silahkan tunggu 1 sampai 2 minggu agar Google Analitic mendeteksi blog anda.

Memiliki Related pos (artikel terkait) di bawah postingan

Anda harus memastikan blog anda memiliki artikel terkait pada setiap postingan blog. Artinya anda harus memasang widged atau kode agar memunculkan artikel terkait di bawah postingan anda. Hal ini terkait dengan navigasi blog anda dan ini menjadi pertimbangan untuk diterima menjadi publisher Adsense.

Kolom pencarian blog

Kolom pencarian ini sangatlah penting. Dengan adanya kolom pencarian ini maka pengunjung akan mudah mencari dan mejelajahi berbagai artikel yang di minati dalam blog anda. Pada template-template yang bawaan mungkin anda harus menambah widgetnya sedangkan untuk template gratis maupun yang premium yang sudah dimodifikasi sudah pasti memiliki kolom pencarian, jadi disesuaikan saja.

Baca juga: Berapa jumlah Artikel dan jumlah kata per artikel untuk daftar Google Adsense

Mungkin itu saja yang menurut kami meruapkaan kelengkapan penting yang wajib dimiliki oleh blog. Semoga blog anda diterima google Adsense setelah mengikuti tips yang kami bagikan ini, aamiin.

0 Response to "8 Kelangkapan Wajib Blog Sebelum Mendaftar Google Adsense"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.