Cara Mencegah Serangan Jantung

Serangan Jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan bahkan sangat banyak diderita oleh kaum muda hingga tua. Tak kenal umur, penyakit ini juga sering terjadi tiba-tiba tanpa ada gejala yang signifikan. Namun dapat dideteksi secara dini oleh seseorang yang menderita. Maka banyak cara untuk menghindari dari penyakit jantung ini salah satunya adalah kebiasaan sehari-hari. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini dan bisa dilakukan tes untuk memastikan apakah ada penyakit jantung atau bukan, dokter akan melakukan diagnosa sebagai berikut:

1. Cek keluhan/gejala dan riwayat kesehatan keluarga
2. Dilakukan tes darah
3. Tes X-Ray
4. Tes Elektrokardiogram (EKG)
5. Tes angiografi coroner
6. Tes CT-Scan
7. MRI Scan
Cara Mencegah Serangan Jantung
Dokter

Ada beberapa Kebiasaan pola hidup sehat yang bisa dijalankan agar terhindar dari penyakit jantung ini: 


Hindari r*k0k/ alk*h0l
Kebiasaan hidup sehat dapat dimulai dari keluarga hindari dari kosumsi r*k0k dan minuman beralk*h0l hingga paparan asap r*k0k ini menjadi penyabab juga dari terjadinya serangan jantung karena ini merupakan gaya hidup tidak sehat.

Mengkonsumsi Gandum 
Gandum adalah makanan  yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut ahli kesehatan( AXA PPP), dari sederet yang makanan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, roti gandum adalah salah satu bahan makanan yang paling baik. Nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat ampuh untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung, diabetes, dan stroke.

Mengkonsumsi Sayuran
Banyak dan beraneka sayuran yang berwarna hijau gelap seperti selada, bayam dan sawi kaya akan vitamin A, C,E,dan K serta antioksidan yang dapat membersihkan racun dari tubuh. Kandungan kalsium, magnesium dan kalium dalam sayuran hijau itu juga membuat sayuran hijau semakin baik untuk kesehatan jantung. Menurut  ahli nutrisi Rahaf Al-Bochi "Kalium dapat membatasi efek natrium pada tekanan darah dan bersamaan dengan magnesium dan kalsium, membantu dinding pembuluh darah rileks sehingga dapat mengurangi tekanan darah," Sayuran ini dapat dikonsumsi dengan cara dimasak atau dijus.

Hindari Makanan Daging
Hasil penelitian yang diterbitkan di (International Journal of Epidemiology)  itu menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi daging dalam jumlah signifikan mengalami peningkatan risiko penyakit jantung. Para peneliti dari (Loma Linda University in California dan Institut National de la Recherche Agronomique in Paris) menyimpulkan bahwa, rata-rata, mereka yang makan lebih banyak daging mengalami peningkatan risiko penyakit jantung sebesar 60 persen.

Perbanyak makan kacang-kacanagan/biji-bijian
Hal sebaliknya terjadi pada orang yang mengonsumsi sebagian besar protein dari sumber nabati, seperti kacang dan biji-bijian. Mereka yang mengonsumsi sebagian besar protein vegan mengalami 40 persen penurunan risiko penyakit jantung. Cara kerja kacang-kacangan ini ia akan menurunkan kadar kolestrol. Yang menjadi peran utama dalam terbentunya pembuluh darah.

Baca juga: Cara dan gaya hidup sehat
Demikian saja ulasan mengenai cara mencegah serangan jantung, semoga dapat memberikan manfaat kepada penulis dan pembaca, aamiin.

Penulis: Istriku tercinta

0 Response to "Cara Mencegah Serangan Jantung"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.