Cara dan Gaya Hidup Sehat

Kesehatan begitu berharga dalam kehidupan seseorang bahkan sangat berarti oleh sebab itu penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan kesehatan tubuh agar mampu menjalani aktifitas sehari-hari secara optimal. Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kehidupan adalah untuk mendorong kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa adanya gangguan yang dapat memicu  terancamnya jiwa dan nyawa kita.

Oleh sebab itu, healt promotion adalah upaya peningkatan kesehatan yang terus dan sedang digalakkan oleh pemerintahan dengan secara preventif dan terus digunakan untuk menurunkan angka kesakitan bagi masyarakat yang memiliki riwayat penyakit yang berresiko atau sedang dialaminya. Oleh karena itu mari kita dukung gerakan GERMAS (gerakan masyarakat hidup sehat)
Germas sendiri memiliki beberapa pilar yang harus dijalankan antara lain makan-makanan seimbang, melakukan aktivitas fisik, pemeriksaan kesehatan rutin dan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). PHBS ini dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita mulai dari keluarga sampai masyarakat.


Ada 4 pilar dari germas yaitu:

Melakukan Aktivitas Fisik
Ini merupakan pilar utama dari germas. Aktivitas fisik ini dapat dilakukan dalam sehari minimal 30 menit agar dapat meningkatkan energy dalam pembakaran kalori. Adapun aktivitas fisik ini terbagi 3 yaitu aktivitas fisik ringan, sedang dan berat. Aktifitas fisik ringan seperti membersihkan rumah, belanja dan aktifitas sehari-hari yang terlihat ringan. Aktifitas fisik sedang bersepeda, menari, senam menaiki tangga dan aktivitas sebaginya. Dan terakhir aktifitas lari sprint, angkat beban, berenang dan aktifitas fisik lainnnya dalam konten berat
Cara dan Gaya Hidup Sehat
Olahraga

Makan Makanan Seimbang/Sayur Dan Buah-Buahan
Dulu makanan seimbang lebih dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna namun seiring berjalannya waktu itu sekarang berganti dengan makan-makanan seimbang sebab  nutrisi dan kecukupan gizi setiap orang berbeda semua sesuai dengan IMT (indeks masa tubuh) masing-masing. Maka jagalah pola makan agar dapat menjaga kesehatan. Kosumsi buah dan sayur setiap hari karena dalam buah dan sayur terdapat banyak vitamin dan zat-zat yang baik yang di perlukan oleh tubuh. Jika anda mengalami suatu kondisi medis tertentu, maka bisa saja porsi makan buah dan sayur anda kan berbeda dengan orang sehat.

Periksa Kesehatan Secara Rutin dan Berkala
Di-era pembangunan yang begitu modern ini banyak gaya dan pola hidup yang semakin tidak sehat sehingga banyak pula penyakit yang tiba-tiba dapat menyerang kita tanpa kita sadari dan ada beberapa penyakit yang terus meradang tanpa kita tahu gejalanya. Maka pemeriksaan rutin dan berkala minimal 6 bulan sekali ini sangat perlu untuk meningkatkan kesehatan kita.

Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS)
Manfaat PHBS ini sendiri kita dapat mencegah penyakit dari diri kita dengan cara prilaku hidup bersih dan sehat. Tidak hanya itu, penggunaaan jamban yang bersih juga menjadi prioritas PHBS ini agar tidak menularnya penyakit. Contoh PHBS yang paling sederhana biasa kita lakukan adalah kebersihan diri sendiri (personal hygiene), yang berguna mencegah penyakit seperti ISPA (infeksi saluran nafas atas), demam, batuk, gatal-gatal di kulit,dan sebagainya. Tidak hanya itu kebersihan lingkungan juga termasuk dalam PHBS.

Baca juga: Cara mencegah penyakit jantung

Maka jagalah kesehatan dari sekarang agar terjaminnya kesehatan masa tua nanti. Mulailah perbaiki kesehatan dari usia sedini mungkin. Untuk meningkatkan kualitas hidup agar lebih baik untuk diri kita dan keluarga. Hindari kebiasaan yang tidak baik seperti merokok karena akan berpengaruh dengan kesehatan kita. Hanya ini ulasan dari saya semoga bermanfaat.

Penulis: Istriku Tercinta

0 Response to "Cara dan Gaya Hidup Sehat"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.