Tugas dan Kewajiban Suami dan Istri dalam Rumah Tangga

نِسَاؤُكُمْ حَرْثٌ لَكُمْ فَأْتُوا حَرْثَكُمْ أَنَّىٰ شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ مُلَاقُوهُ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman. (Q.S. Al Baqarah Ayat 223)

Setinggi apapun pendidikanmu, sehebat apapun kariermu tugas mulia wanita tetaplah menjadi seorang istri dan seorang ibu yang paham agama untuk mendidik anak-anakmu. jika anakmu seorang laki-laki maka saat itu kamu sedang mendidik seorang pemimpin dan jika anakmu adalah seorang perempuan maka kamu sedang mendidik satu generasi. Maka di sini di butuhkan ilmu untuk mendidik anak bukan ilmu dalam berkarier. Dan bukan pula berarti seorang istri tidak boleh berkerja asalkan ia memperoleh izin dari suaminya dan perkerjaannya sesuai aturan agama.

Wanita cenderung berfikir setelah menikah maka akan bahagia rumah tangganya. Kebahagiaan dalam rumah tangga harus kita mulai dari diri masing-masing rela berkorban satu sama lain karena hakikatnya kita berumah tangga menyatukan prinsip perbedaan dan pola pikir dari keluarga yang berbeda menjadi satu keluarga dan satu persepsi. Dan ini bukanlah mudah.
Tugas dan Kewajiban Istri dan Suami dalam Rumah Tangga
Keluarga
Maka baik buruk istri tergantung pula pada suami karena suami adalah imam dalam keluarga, ia adalah nahkoda dalam rumah tangga yang akan mengarahkan kapalnya kemana akan berlayar. Maka istri yang paling bahagia adalah istri yang dikaruniakan oleh Allah suami yang sabar dan penyayang  suka menolong juga setia. Untuk itu bagi istri jika engkau melihat buruknya suami pasti ada kebaikan diantaranya. maka jika ada permasalahan dalam rumah tangga cukuplah kalian berdua yang mengetahui dan segera selesaikan masalah tersebut jangan sampai baunya tercium oleh anggota keluarga yang lain bahkan orang lain. Dan biasanya permasalahan dalam rumah tangga bisa selesai hanya dengan memeluk dan mencium suami/istri.

Maka dibutuhkan suami yang paham masalah agama agar ia bergaul dengan istri dengan cara yang baik. Ia akan memperlakukan istrinya dengan sangat baik bahkan tutur kata dan keshalehannya menyejukkan seisi rumah. Ketika ia menyakiti hati istrinya ia akan meminta maaf hingga meneteskan air mata penyesalan karena telah membuat terlukanya hati seorang istri. Surganya rumah tangga akan didapatkan bila istri bahagia karena istri adalah jantung dalam rumah tangga. Jika ia bahagia maka kamu akan merasakan surga dalam rumah tangga pula.

Tidak sulit membuat kebahagian dalam rumah tangga, hanya diperlukan kasih sayang yang tulus dalam setiap kondisi tatkala ada permasalahan dalam rumah tangga, suami tidak perlu membentak atau mecaci seorang istri. Pahamlah ketika istrimu sedang marah tanpa sebab apapun permasalahannya yang belum jelas peluklah ia lebih dulu berikan bahu untuk bersandar dan tangganmu untuk tetap ia gengam dan menyeka air matanya karena sejatinya ia hanya butuh kamu tetap di sampingnya dalam keadaan serumit apapun. Maka mengertilah.


وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Baca juga : Cara menjaga keharmonisan dalam rumah tangga

Maka jelaslah, ketika Allah menjadikan suami-istri agar kita merasakan ketentraman jiwa dan saling berkasih sayang di antara keduanya. Maka jangan hanya menerima kelebihan pasanganmu tetapi cintai dan terima kekurangannya sehingga kamu tidak akan melihat letak ketidaksempurnaannya. Semoga rumah tangga kita akan diridhai oleh Allah S.W.T. dan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.. aamiin

Penulis : Istriku tercinta

0 Response to "Tugas dan Kewajiban Suami dan Istri dalam Rumah Tangga"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.