Tips dan Rahasia lulus CPNS tahun 2018

CPNS tahun 2018 sudah dibukan dan puluhan bahkan ratusan ribu pelamar sudah mendaftarkan diri melalui portal SSCN.BKN.GO.ID. tidak hanya dari pelamar dengan jenjang pendidikan Strata 1 tetapi tamatan SLTA juga ikut mematenkan diri dalam berjuang untuk mendapatkan NIP atau Nomor Induk Pegawai. Tidak dapat disangkal bahwa para pencari kerja dari tahun ketahun semakin meningkan jadi tidak heran jika minat masyarakat untuk menjadi seorang PNS termasuk sangat tinggi. Hal tersebut bisa kita lihat pendaftar yang membludak sehingga membuat website sscn bkn down karena server penuh.

Tips dan trik untuk lulus CPNS bisa dikatakan adalah sebuah saran atau berbagi pengalaman kepada pelamar yang akan mengikuti tes cpns pada tahun 2018 ini. Trik dan tips ini menurut kami juga berlaku untuk tahun-tahun mendatang seperti 2019, 2020 dan seterusnya. Karena perekrutan CPNS untuk seterusnya akan mengunakan sistem CAT atau yang lebih dikenal Computer assisted Test yang artinya kurang lebih Tes dengan Bantuan Komputer.

Saya, penulis artikel ini adalah salah satu peserta yang lulus CPNS dengan metode CAT. Keunggulan metode ini adalah kita bisa lulus dengan murni alias tanpa sogok. Sedikit saya bicarakan tentang pengalaman sebagai salah satu peserta yang mengikuti tes CAT pertama kali di seluruh indonesia. Pada saat itu saya memang agak sedikit bingung mengenai isi dari soal Cat tersebut mengingat ini adalah tes pertama saya dan CAT belum ada sebelumnya. Kami (TES CPNS KEMENKUMHAM) termasuk kementerian pertama sebagai uji coba tes CPNS menggunakan sistem CAT pada saat itu, dengan artian bahwa jika tesnya berhasil maka akan diterapkan kepada kementerian dan lembaga di seluruh Indonesia. Dan bisa kita lihat sekarang semuanya telah memakai sistem CAT.
Tips dan Rahasia lulus CPNS tahun 2018
Portal SSCN

Pada saat kami mengikuti tes CAT, sama saja dengan tes CAT yang diberlakukan sekarang, hanya saja kami tidak dimunculkan Lulus atau Tidaknya dilayar desktop komputer kita setelah mengklik selesai pada soal ujian. Berbeda dengan sekarang, kita akan langsung tahu apakah kita lulus atau tidak setelah ujian selesai. Tetapi sama saja, nilai kita tidak bisa di rubah atau di otak atik oleh orang lain.

Tips dan trik lulus CPNS

Tulisan ini tidak kami dasarkan kepada pengalaman orang lain yang tidak terpercaya. Semua yang akan kami bahas berikut kami bahas berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber terpercaya. Kami tidak menjamin anda akan lulus dengan mengikuti trik ini tetapi kami telah melakukan trik ini dan berhasil.

1. Belajar jauh-jauh hari

Jika anda memang ingin lulus menjadi seorang abdi negara, maka buat diri anda rajin untuk membaca, membahas dan menjawab soal-soal tes CAT yang tersebar baik di internet maupun buku yang dijual di toko-toko buku terdekat. Ketika anda membaca pertanyaannya, usahakan baca pembahasannya dan teliti mengenai soal tersebut. Artinya anda harus sedikit kritis pada soalnya. Karena pada saat anda mengikuti tes, tidak semua akan sama persis sebagaimana yang anda baca pada buku, beberapa soal akan dirubah angka-angkanya atau temanya. Bahkan, soalnya bisa saja dibolak-balik. Sehingga untuk melakukan hal ini usahakan belajar dari jauh-jauh hari agar banyak soal yang akan anda baca serta membahasnya. Namun demikian, bukan berarti anda yang baru saja belajar tidak memiliki peluang untuk lulus, teruslah berusaha siapa tahu berkat kegigihan anda maka anda lulus, aamiin. Untuk soal yang saya belajar pada saat ikut tes cpns bisa dilihat dalam artikel kami yang lain

Baca : Donwload contoh soal tes CAT CPNS untuk semua formasi

2. Ulangi soal yang sama

Jika anda sulit memahami sebuah soal silahkan ulangi beberapa kali. Mengulangi bukan berarti sampai anda paham. Setidaknya anda mengerti metode pencarian untuk sebuah soal atau metode untuk mengambil kesimpulan dari soal tersebut. Seperti kami bahas di atas bahwa soalnya itu-itu saja hanya saja kalimat dan isinya yang berbeda.

3. Stop bermain game atau sosial media

Jika anda salah satu pengemar game dan sosial media maka untuk sementara hentikan sejenak. Pengaruh game dan sosial media akan melaluikan anda. Fokuslah anda pada berbagai soal tes CAT. Meskipun anda butuh istirahat tapi perbanyaklah belajar. Intinya adalah jadikan membahas soal tes menjadi perioritas pertama untuk saat ini dibandingkan game dan sosial media milik anda.

4. Terus berolah raga*

Jika anda akan mengikuti tes yang mewajibkan kesamaptaan atau ketahanan fisik maka anda wajib malakukan latihan mulai dari sekarang. Contoh jalur CPNS ini adalah Kemenkumham, kejaksaan, Perhubungan dan masih banyak lagi. Cobalah berolah raga pada pagi hari, siang dan sore hari secara rutin. Jangan manjakan otot anda. Jenis latihan yang wajib anda lakukan adalah lari, push up, sit up, restok dan suttle run. Jangan mudah goyah hanya karena sakit dan lelah karena akan semakin lelah dan sakit apabila tidak lulus hanya karena sedikit nilai yang tidak cukup. Berakit-rakit dahulu naik kapal kemudian.

5. Jawab semua soal tes

Pada saat anda mengikuti tes Cat, meskipun ada beberapa soal yang anda tidak tahu maka wajib anda menjawab soal yang disediakan dengan jawaban yang anda anggap paling benar. Alasannya karena kita tidak tahu apakah ada waktu nanti untuk melihat kembali, jika ada waktu silahkan pada saat soal semua sudah anda jawab maka koreksi soal yang anda ragu tadi. Meskipun demikian, anda harus hati-hati karena banyak orang kehilangan poin saat mengoreksi lantaran yang dikoreksi malah jawaban yang benar sehingga jawabannya menjadi salah. Alasan kedua adalah ada bebarapa soal yang jika kita pilih a b c d atau e tetap memiliki nilai, biasanya tes seperti ini adalah tes kepribadian. Alasan ke tiga adalah siapa tahu jawaban yang anda pilih secara acak adalah benar meskipun anda hanya menerkanya.

6. Jangan patah semangat

Jangan patah semangat hanya karena permintaan yang sedikit tetapi yang mau ikut tes membludak. Mereka berjuang untuk mereka dan kita berjuang untuk kita. Jangan takut kalah karena belum tentu anda yang kalah. Lakukan yang terbaik dan tetaplah optimis. Semangatkan diri anda dan teguhkan tekad. Jangan percaya dengan isu yang beredar bahwa tanpa uang tidak akan lulus. Buktinya saya dari KEMENKUMHAM bisa lulus dengan murni. Alhamdulillah.

7. Berdoa

Meskipun anda sudah melakukan berbagai usaha di atas, jangan pernah lupa untuk berdoa. Karena tidak ada daya dan upaya kecuali dengan kehendak Yang Maha Kuasa. Kita boleh saja melakukan berbagai cara dan upaya tetapi tetap kehendak ada di tangan-Nya.

8. Minta restu orang tua

Doa orang tua untuk seorang anak tidak memiliki hijab maka mintalah doa dari orang tua anda agar anda diluluskan dalam tes CPNS tahun ini, Aamiin.

Baca juga : Tips dan Trik berhasil mendaftar di SSCN BKN

Tulisan ini kami buat untuk memotivasi dan berbagi pengalaman kepada pemirsa berimanblog. Kami berharap tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi segenap pemirsa dan penulis. Memang kami tidak dapat menjamin kelulusan anda tetapi apa salahnya berbagi pengalaman siapa tahu berfaedah.

0 Response to "Tips dan Rahasia lulus CPNS tahun 2018 "

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.