Rahasia! Cara Menjaga Keharmonisan Suami-Istri dalam Rumah Tangga

Suami dan istri adalah belahan jiwa yang saling menyayangi mereka saling berinteraksi dan berkomunikasi untuk selalu menjaga hubungan dalam keluarga. Perlunya menjaga komunikasi dalam keluarga ini akan mempererat kasih sayang dan menjaga keharmoniasan dalam rumah tangga. Maka diperlukan tips rahasia agar kedua pihak selalu menjaga kerukunan dalam menyapaikan suatu hal yang berkaitan dengan hubungan rumah tangga. Ada beberapa hal yang diperlukan agar menjaga keutuhan rumah tangga. Yaitu:


1. Menghindari pertengakaran dalam rumah tangga.

Pertengkaran dalam rumah tangga biasanya berawal dari masalah atau hal-hal yang kecil yang menjadi penyebab pemicunya. Maka hendaklah jangan memancing pasangan dalam menimbulkan persoalan dalam rumah tangga. Bicarakan dengan baik dan penuh perasaan dan suami yang menjadi imam dalam rumah tangga harus mempunyai prinsip yang baik dalam mengontrol permasalahan yang datang dalam rumah tangga serta mengatasinya dengan baik tanpa menyakiti pasangan baik dari perkataan atau dengan fisik.


2. Jangan mencaci-maki pasangan

Jika pasangan berbuat kesalahan atau ketidakpahaman ia dalam suatu masalah jangan menghakimi dia dengan cacian, ini akan menimbulkan konflik dalam rumah tangga disini banyak peran suami dalam menahan emosi. Kita contohkan mungkin saat memasak sayur yang ia resepkan terlalu hambar kemudian kita berkata kasar dengan cacian kita bahwa istri kita tidak bisa masak atau kita salah memilih istri. Jangan sampai kata ini keluar ini akan menyakiti perasaannya dan haruslah kita tahu mungkin ia sedang dalam keadaan tidak baik.


3. Menjaga hubungan  dengan mertua

Ini sangat sensitif karena biasanya jika ada keributan dalam keluarga mertua akan ikut campur dalam persoalan ini. Maka harusnya pasangan menjaga apa yang menjadi persoalan cukuplah kalian berdua mengetahui dan selesaikan secepat mungkin agar tidak tercium oleh keluarga persoalan yang ada dalam rumah tangga. Dan harusnya anak pun tidak boleh tahu apa yang menjadi masalah orang tuanya karena ini akan membuat mengganggu tumbuh kembang anak.


4. Lebih banyak waktu untuk bersama

Bagi suami istri apalagi yang sudah lama menikah menyepelekan waktu untuk berkomunikasi bersama atau duduk dengan pasangan mereka. padahal ini akan membantu mempererat dan menjaga keharmonisan suami dan istri. Maka pupuklah hubungan romantis jangan segan atau merasa janggal karena sudah  lama berumah tangga dan terasa hambar menanggapi hal-hal tersebut.
Rahasia! Cara Menjaga Keharmonisan antara Suami-Istri dalam Rumah Tangga
Keharmonisan



5. Hargai pasangan

Menjadi prioritas dalam mempererat hubungan suami-istri maka hargailah pasangan kita. Menjaga hubungan bertahun-tahun lamanya tanpa menghargai pasangan maka tidak akan terwujud. Memahami dan mendengarkan pasangan itu adalah suatu wujud dalam menghargai. Tidak memanggil dengan panggilan yang tidak ia sukai. Panggillah dengan kata mesra atau panggilan sayang ini akan membuat hubungan semakin awet.


6. Menjaga kerahasiaan dalam rumah tangga

Menjaga rahasia dalam rumah tangga adalah bentuk keharmonisan dalam rumah tangga dan ini juga ditegaskan dalam hadist “Sesungguhnya manusia yang paling buruk tempatnya disisi Allah pada hari kiamat adalah : suami yang memberitahu rahasia kepada istrinya dan istrinya pun memberitahukan kepadanya, kemudian salah seorang dari keduanya menyebarkan rahasia pemiliknya.” (HR. Abu Daud) Dalam riwayat lain, “Sesungguhnya amanat yang paling besar disisi Allah pada hari kiamat adalah suami yang memberi tahu rahasia kepada istrinya, dan istrinya memberi tahu rahasia kepadanya, kemudian ia menyebarkan rahasia istrinya.” (HR. Muslim) maka hendaklah semua rahasia dalam rumah tangga cukuplah  kalian yang mengetahui kekurangan pasangan atau rahasia dalam rumah tangga jangan sampai menjadi bahan perbincangan di luar arena rumah tangga.

Baca juga : Cara mendidik tata krama dan etika kepada anak

Demikianlah beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk menjaga hubungan suami istri  ini, terlihat sangat mudah tetapi masih banyak pasangan yang menyepelakan hal ini. Semoga kita mampu menjadikan rumah tangga kita sakinah, mawaddah, warahmah, aamiin.

Penulis : Istriku Tercinta

0 Response to "Rahasia! Cara Menjaga Keharmonisan Suami-Istri dalam Rumah Tangga"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.