Peran Orang Tua Pada Masa Pubertas Anak

Remaja adalah masa pancaroba peralihan masa kanak-kanak ke dewasa dimana remaja sedang mencari jati dirinya. Pada masa ini banyak hal yang akan dirasakan oleh remaja dari hal yang kecil hingga hal yang besar yang akan berdampak pada remaja tersebut. Pada masa ini perlunya pengawasan yang ketat karena pada masa ini remaja cenderung ingin bebas dan merasa bijak setiap permasalahan yang ia hadapi maka masa ini adalah penentu arah masa depan remaja jika ia berhasil melewati masa ini dengan baik maka baiklah masa depan cerah yang menanti dan sebaliknya karena tak jarang remaja tak dapat melewati masa ini dengan baik.

Pubertas adalah masa perubahan yang terjadi dari psikis, fisik dan pematangan fungsi alat s3ksual,biasanya masa pubertas terjadi pada usia 8 tahun dan berakhir pada usia anak 16 tahun. Pada masa ini kita bisa melihat perubahan remaja dari sisi sosialemosianal dan perubahan yang terjadi disekitar mereka. Pada masa ini remaja membutuhkan pengontrolan atau pengawasan dari orang tua bahkan di lingkungan tempat mereka tinggal. Biasanya remaja ini bersikap layaknya orang yang ingin diakui dalam lingkungannya.

Peran Orang Tua Pada Masa Pubertas Anak
Remaja

Maka sebagai orang tua masa ini sangat penting untuk kita pantau para anak kita lelaki maupun perempuan. Perkembangan kognitif dan emosional yang mereka hadapi itu akan menentukan arah hidup mereka maka berikan dukungan pada mereka dengarkan apa keinginan dan luruskan penjelasan jika mereka tidak paham karena biasanya para remaja ini mereka banyak menentang aturan-aturan yang ada pada lingkungannya mereka mengangap benar apa yang mereka lakukan, maka butuhlah arahan dari orang tua dengan cara yang baik.

Karena biasanya pada masa ini remaja lebih cenderung percaya pada teman sebayanya dari pada  orang tua mereka. Maka ini perlu untuk kita telusuri arah pandang orang tua dengan anak. Tanamkan sejak kecil pada mereka bahwa kita orang tualah yang berhak tahu apapun masalah mereka seringlah berdiskusi dengan anak. Biasanya kedekatan anak dengan orang tua sejak kecil ini akan berlangsung baik sampai masa dewasanya anak tersebut.

Kita juga jangan menghakimi sepihak apa yang mereka katakan salah karena ini akan sangat berdampak pada psikis anak. Maka bicarakan apa yang menjadi permasalahan. Bentulaklah pola pikir anak yang sudah remaja ini dengan baik. Maka orang tua juga harus tahu bagaimana keadaan anak yang sedang purbertas biasanya bagi anak perempuan mereka lebih cenderung ingin dikenal bahkan tenar maka lihatlah tingkah yang ingin cantik bahkan ber make-up di sekolah hanya untuk melihat adakah daya tarik laki-laki terhadapnya karena biasanya masa pubertas para perempuan ini mereka seakan ingin menagatakan “aku ini cantik”.

Maka beda hal nya dengan para remaja laki-laki mereka lebih berobsesi ingin memperlihatkan bahwa mereka adalah laki-laki sejati mereka melakukan banyak hal yang dia lihat pada orang dewasa seperti mer0k0k, gaya rambut dan sampai mencari hobi baru yang ingin ia tekuni, boleh saja tapi bagi orang tua perkenalkan hal yang positif bagi anak jika ia memilih apa yang ia inginkan. Maka peranan orangutan penting.

Untuk itu persiapkan masa pubertas pada anak dengan baik agar mereka mampu melakukan hal yang positif bagi kehidupan mendatang. Mereka adalah calon generasi penerus bangsa. Maka jika kita ingin merubah bangsa menjadi lebih baik salah satu cara kita bisa merubah anak dengan pola pikir dan gaya hidup yang baik.

Penulis : Istriku Tercinta

0 Response to "Peran Orang Tua Pada Masa Pubertas Anak"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.