Mengenal Sosok Ayah dalam Kehidupan

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , beliau bersabda, “Jangan-lah kamu membenci bapak-bapak-mu, karena barangsiapa membenci bapaknya, maka itu merupakan perbuatan kekafiran”. [HR. al-Bukhâri,dan Muslim, no. 62]

Kata “membenci” dalam hadits di atas diterjemahkan dari kata raghiba ‘an yang artinya meninggalkannya dengan sengaja dan meremehkannya. Demikian juga penjelasan para Ulama’ yang menjelaskan makna hadits ini.

Berbicara sosok ayah, beliau adalah hal yang penting dalam kehidupan selain ibu, ayah adalah seorang lelaki kuat tangguh lebih kuat dari besi dan baja jiwanya dalam menafkahi keluarganya. Sosok yang begitu tegar dalam menjalani kehidupan yang begitu banyak prahara dalam kehidupan.Tak hanya itu ayah dan ibu sudah berkerja sama dalam mengantur rumah tangga dan mendidik anak. Ini tidak terlihat mudah tetapi ayahlah yang mampu memperkuat keluarganya bahkan melindungi dari masalah hidup.
Mengenal Sosok Ayah dalam Kehidupan
Sosok Ayah

Sosok yang tidak memperlihatkan kesedihannya di depan anak-anak bahkan jiwanya menangis ia tetap terlihat tenang didepan anak dan istrinya. Megapa bisa? Sebab ayah tahu jika ia terlihat rapuh maka tumbanglah seisi rumah karena saat melihat sosok ayah maka terlihatlah sebuah masa depan yang cerah.

Ayah panggilan yang berjiwa besar dan ibu adalah panggilan yang penuh kasih saying. Kedua orang ini mampu memberikan dan menjamin masa depan yang baik untuk anak-anaknya. Memastikan kebutuhan dan keinginan sang anak terpenuhi tanpa kurang suatu apapun, mereka tak pernah menuntut balasan pada anak. Cukup melihat senyum kebahagian anak-anak mereka maka bahagialah kehidupannya.

Tetapi beda halnya dengan anak, kasih sayang anak kepada orang tua belum tentu besar seperti kasih sayang orang tua untuk anaknya. Bisa kita lihat di lingkungan kita betapa miris orang tua mampu menghidupkan 10 orang anak tetapi sepuluh anak belum tentu mampu menghidupkan orang tuanya.
Maka dari itu cintai sosok orang tua tidak hanya ibu, ayah juga sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Mungkin sosok ibu begitu lekat dalam jiwa dan hati kita karena ibu cenderung memperlihatkan kasih sayangnya tetapi berbeda halnya dengan ayah yang mencintai anaknya dalam ketegasan. Tetapi perhatikanlah sosok ayah pernahkah ia mengeluh ketika ia lelah dalam berkerja? Bahkan tak terlihat kesedihannya, ia begitu kuat menutupi kesedihanya.

Maka jika kalian sudah merenungkan sosok seorang ayah maka lihatlah seiring berjalan waktu kulit keriput itu menghampiri wajah dan tangannya. Dulu begitu tegap dan  hangat setiap kecupan yang ayah berikan untuk anaknya. Lihatlah rambut putih yang mulai mengisi di kepalanya. Bahu yang mulai lemah menompang segala beban tetapi semangatnya tak pernah pudar. Tubuh yang mulai lemah yang dulunya kuat. Sadarkah mereka sudah termakan usia. Namun apakah yang sudah kita berikan?

Sebelum semuanya menjadi terlambat, muliakan orang tuamu dalam mengisi  sisa-sisa umurnya. Orang tua tidak pernah meminta balasan sebanyak apapun pengorbanan yang sudah mereka berikan. Bagi mereka itu sudah kewajiban mereka bertangung jawab atas kehidupan anaknya. Maka sekarang giliran kita mengatakan ini tanggung jawabku untuk orang tua dan memastikan kembali apa kebutuhan dan keinginan anak orang tua.

Baca juga : Pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga

Bukankah ketika kita memberikan sedekah dan menyenangkan hati orang tua kita lalu mereka akan berdoa kepada Allah dan meminta agar dimudahkan rezeki kita.  Dan bukankah doa orang tua lebih cepat sampai dan di ijabah oleh allah. Maka Dari sinilah berawal rezeki yang berkah.

Penulis : Istriku tercinta

0 Response to "Mengenal Sosok Ayah dalam Kehidupan"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.