Cara Mendidik dan Mengajarkan Tata Krama dan Etika kepada Anak

Bagi Orang tua yang mungkin sedikit kesulitan dalam mengajarkan tata krama pada anak. dimana Tata krama itu sangat berlaku pada kehidupan lingkungan dan masa depan anak nantinya, bagaimana cara ia berprilaku dan bersikap terhadap orang lain. Dan tentu ini dibutuhkan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, agar anak dapat menyerap  dengan baik didikan yang kita ajarkan terhadap mereka karena apa yang kita ajarkan menjadi penentu masa depan bagi anak kita. Ada beberapa tips mengajarkan anak cara bertata krama dengan baik yaitu :


1. Menyapa dan memberi salam 

Ajarkan pada anak setiap bertemu orang tua atau temannya yang ada di lingkunganhya untuk menyapa dengan ramah dan memberi salam ajarkan juga pada anak bahwa orang yang lebih tua dari si anak ia harus berlaku sopan dan menghormatinya.


2. Katakan Tolong, ketika meminta bantuan orang lain.

Dan ini point penting bagi orang tua dalam mengajarkan anak. Katakana pada anak ketika meminta pertolongan yang ia butuhkan mulailah dengan kata  “tolong” dan ucapkan “terima kasih” sebagai bentuk penghormatan karena telah membantu.
 Cara Mendidik dan Mengajarkan Tata Krama pada Anak
Sikap benar dan salah


3. Meminta maaf ketika berbuat salah

Ajarkan kepada anak bahwa ketika kita tidak sengaja melakukan kesalahan baik yang menyakiti orang lain atau membuat orang lain terluka maka mintalah permohonan maaf agar tidak menyebabkan orang lain tidak dapat  menerima perbuatan kita.


4. Menatap lawan bicara ketika berbicara

Ini tidak baik jika dilakukan pada orang tua dan berbanding terbalik saat anak bersama teman dalam berinteraksi. Jika anak berhadapan dengan orang tua atau orang yang lebih tua. Maka hendak segan dan jangan terlalu menatap pada wajahnya artinya anak harus menunduk dengan arti menghormati orang tua yang bebicara dan menjawab dengan baik tidak berkata kasar atau sebagainya. tetapi sikap dengan teman sebaya atau hampir sebaya maka ketika berbicara itu hendaklah saling menatap atau saling berhadapan agar lawan bicara merasa dihormati.


5. Tidak memotong pembicaraan orang lain.

Ini juga adalah bagian yang harus ditegaskan oleh orangtua bahwasannya anak tidak boleh memotong pembicaraan orang lain. Tunggulah selesai apa yang dibicarakan oleh orang yang berinteraksi dengannya baru boleh  ia menanggapi pembicaraan itu. Dan ini sangat berlaku pada anak ketika berkomunikasi dengan orang tua dan orang yang lebih tua dilingkunggannya.


6. Mau berbagi dan bersabar menunggu giliran

Didiklah anak untuk berbagi kepada sesama dan orang yang membutuhkan karena pada dasarnya anak akan melihat apa yang dikerjakan oleh orang tua maka mulailah dengan cara mengajak atau menunjukkan pada anak untuk berbagi. Dan paling penting mengajarkan anak menunggu giliran atau antria. Ini akan melatih kesabaran pada si anak. Maka mulailah dari hal yang kecil berawal dari keluarga


7. Menjaga etiket saat makan

Saat makan bersama dengan keluarga ajarkan anak untuk tidak mencaci makanan atau tidak membiarkan anak memakan makanan sambil berbicara. Mulai lah makan dengan mencuci tangan terlebih dahulu dan membaca doa sebelum makan. jangan biarkan anak anda makan dan minum sambil berdiri dan ajarkan pula untuk mengambil makanan yang di dekat terlebih dahulu seperti yang diajarkan Rasullullah.


8. Menempati janji dan waktu.

Nah untuk yang ini kita bisa mulai sebagai orang tua bagaimana cara kita menempati janji dengan anak. Biasanya orang tua menjanjikan sesuatu jika anak mampu menyelesaikan apa yang harus ia kerjakan. Maka orang tua hendaknya tidak mengulur-ulur waktu ketika menempati janji pada si anak. Maka ini akan menjadi contoh baginya saat berprilaku pada lingkungan si anak.


9. Meminta izin sebelum menggunakan barang milik orang lain.

Perkenalkan pada anak bahwa jika barang orang lain tidak boleh digunakan tanpa izin yang memiliki barang tersebut walaupun dalam keadaan sangat mendesak. Jika kita membutuhkan barang tersebut maka harusnya anak meminta izin terlebih dahulu dan jika pemiliknya tidak memberi izin janganlah memaksa.

Dan tentu semua nya berawal dari bagaimana cara kita mengajarkan atau mendidik anak di dalam keluarga. Seriring berjalannya waktu anak akan terbawa untuk mengaplikasikan didikan di keluarga ketika ia menghadapi dunia luar. Maka cobalah dari hal-hal yang kecil di dalam keluarga. Masih banyak cara atau metode lainnya dalam mengajjarkan anak. Semoga bermanfaat.

Penulis : Istriku Tersayang

0 Response to "Cara Mendidik dan Mengajarkan Tata Krama dan Etika kepada Anak"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.