Makna Mengetahui Masuk Waktu Shalat Dalam Syarat Shalat

Shalat 5 waktu merupakan shalat yang wajib dikerjakan sehari semalam. Didalam mengerjakan shalat ada yang dinamakan syarat dan rukun untuk kesempurnaan shalat yang kita kerjakan. Salah satu syarat sah sembahyang adalah masuk waktu atau mengetahui dengan masuk waktu shalat. Sebelumnya kami telah membahas tentang cara mengetahui waktu shalat dengan melihat matahari dan waktu ini berlaku untuk selueurh dunia. Pada dasarnya, mengetahui waktu shalat adalah dengan matahari. Azan bukanlah waktu shalat, azan hanya pemberitahuan bahwa waktu shalat sudah masuk atau akan segera masuk.

Shalat yang dikerjakan diluar waktu karena alasan kelalaian atau sengaja maka akan mendapatkan dosa dari Allah SWT. Tetapi jika shalat yang tinggal karena lupa atau tidur maka wajib mengqadhanya sebagaimana perihal qadha telah kami bahas pada postingan sebelumnya yaitu tata cara mengqadha shalat lima waktu.

Baca juga : Cara mengetahui waktu shalat dengan matahari
Makna Mengetahui Masuk Waktu Shalat Dalam Syarat Shalat
Waktu

Mengetahui dengan masuk waktu atau dhannya masuk waktu adalah syarat sah mengerjakan shalat. Jika seseorang hendak mengerjakan shalat tetapi dia tidak yakin dengan masuk waktu atau tidak tahu dengan masuk waktu shalatnya maka tidak sah shalatnya. Sekurang-kurangnya mengetahui masuk waktu adalah dengan dhan seseorang. Dhan adalah dibawah tingkatan yakin. Dhan bisa diartikan dengan prasangka. Jika nilai yakin adalah 100 maka nilai dhan adalah 75. Namun demikian, dhan adalah sekurang-kurangnya mengetahui masuk waktu. Dhan hanya berlaku bagi seseorang yang mengdhan sedangkan orang lain tidak boleh berhukum dengan dhan orang lain. Misalnya si A dhan masuk waktu sedangkan si B tidak ada dhan baginya maka si B tidak berhak mengambil dhan si A untuk dirinya.

Mengetahui masuk waktu shalat dengan dhan atau ijtihat juga boleh dilakukan seperti kebiasaan-kebiasaan yang terjadi di sekitara kita. Contohnya adalah suara kokok ayam. Jika pada kebiasaannya suara kokok ayam mulai terdengar ketika masuk waktu shalat dan pada lain waktu kita boleh melakukan ijtihat dengan suara kokok ayam tersebut selama tidak ada kejanggalan padanya. Kejanggalan adalah yakin bahwa ayam tersebut tidak pernah berkokok jika waktu shalat belum sampai. Contohnya adalah ayam sekarang sudah berkokok pada tengah malam maka kejanggalan seperti ini tidak boleh dijadikan ijtihat.

Shalat seseorang yang tidak mengetahui dengan masuk waktu shalat atau dengan dhan sekalipun maka tidak sah shalat seseorang. Meskipun seseorang yang shalat yang tidak mengetahui masuk waktu dan kebetulan shalat yang dia kerjakan berada pada waktu yang tepat maka tetap tidak sah shalatnya karena hukum mengetahui masuk waktu shalat adalah wajib.

Jika seseorang yang shalat dan mengetaui masuk waktu dengan ijtihat sehingga dhan dia tetapi pada kenyataannya waktu shalat belum tiba maka tetap sah shalatnya karena dhannya. Apalagi orang yang ijtihat dan dhan dia dan pada kenyataannya memang sudah masuk waktu maka sah pula shalatnya. 

0 Response to "Makna Mengetahui Masuk Waktu Shalat Dalam Syarat Shalat"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.