TOP 4 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet HP Android Tanpa Aplikasi

Pengunaan internet dewasa ini semakin marak. Tidak hanya para pebisnis tetapi anak-anak juga ikut serta dalam menjelajahi dunia maya. Di internet orang bebas menemukan dan mencari segala informasi yang mereka butuhkan. Tidak hanya itu, orang-orang juga mengakses internet untuk terhubung dengan orang disekitar bahkan di luar negeri. Tapi apa jadinya jika anda memiliki kuota internet yang terbatas? Tentu anda harus menghemat kuota internet agar data internet anda bisa tahan lama dan bisa mengakses informasi lain di internet. Ada banyak cara menghemat kuota internet baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Cara yang akan kami bagikan berikut ini adalah tanpa aplikasi. Meskipun dilakukan dengan cara manual namun memiliki keampuhan dan keunggulan lain seperti bisa menghemat baterai anda dan semacamnya.

Menghemat kuota internet juga berarti menghemat pengeluaran anda. Karena sebagai mana kita ketahui bahwa penjualan untuk kuota saja sangatlah mahal sedangkan aplikasi dan web yang kita gunakan sangat boros memakan pulsa internet. Belum lagi dalam grup-grup sosial media yang suka mengirim pesan gambar dan video yang tidak penting, ini menjadi salah satu penyerap dan pemboros kuota internet di hp android anda.
TOP 4 Cara Ampuh menghemat kuota internet hp android tanpa aplikasi
Hp Android


Solusi menghemat kuota internet tanpa aplikasi


1. Menghibernasikan aplikasi android

Menghibernasi aplikasi android cukup ampuh menanggulangi pemakaian kuota internet yang sangat boros. Menghibernasi akan membuat semua aplikasi mati tanpa akses apapun hingga kita membuka aplikasi tersebut. Akses yang dimaksud termasuk akses internet sehingga tidak akan masuk pemberitahuan atau tidak akan memakan kuota internet anda tanpa diketahui. Apalagi jika anda berada diluar tanpa internet wifi gratis maka cara ini sangat cocok untuk mengatasi boros kuota. Pada saat anda pulang atau berada di area internet gratis maka buka aplikasinya. Cara ini menurut kami sangat ampuh karena mengingat aplikasi sosial media sangat sering mengakses internet dan memberikan pemberitahuan. Selain menghemat kuota, cara ini juga menghemat pemakaian daya baterai anda yang super boros. Untuk cara menghibernasi aplikasi pada android anda bisa membaca postingan kami yang telah lalu.

Baca : Cara menghibernasi aplikasi android dengan mudah.

2. Matikan internet bila tidak digunakan

Bila anda sedang tidak mengunakan android lebih baik matikan saja internet anda, karena pada saat anda tidak memakainya, aplikasi tetap mengakses internet sekaligus memakan kuota internet anda.  Akses internet dalam keadaan sedang tidak digunakan tidak bisa diprediksi berapa besarnya apalagi aplikasinya berjalan tetapi jika berkelanjutan dalam waktu berjam-jam maka kuota anda akan terkuras dengan sendirinya.

3. Matikan update otomatis aplikasi

Matikan update otomatis untuk semua aplikasi android anda. Selain menghemat kuota, cara ini juga menghemat space (ruang) pada memori internal hp android yang anda miliki. Jika anda tetap ingin update usahakan update pada saat ada jaringan wifi saja. Anda bisa mengaturnya di pengaturan google playstore.

4. Matikan download otomatis Whatsapp 

Aplikasi chatting sekaligus sosial media whatsapp cukup menguras kuota anda. Apalagi jika anda mengaktifkan download otomatis gambar, audio, video atau dokumen. Belum lagi gambar, video dan dokumen tersebut termasuk file yang ukurannya besar, hal seperti ini sangat banyak menguras kuota anda. Untuk mengatasinya cukup matikan saja download otomatis pada aplikasi Whatsapp anda. Cara mematikannya cukup mudah, silahkan buka aplikasi whatsapp anda dan klik titik tiga di sudut kanan>pilih setelan>klik ‘penggunaan data dan penyimpanan’. Pada menu ‘unduh otomatis media’ pilih ‘Saat menggunakan data seluler’ maka akan muncul pop up, hilangkan conteng pada semua jenis file seperti foto, audio,video dan dokumen. Dengan melakukan cara ini maka aplikasi tidak akan mendownload lagi semua file tersebut saat anda mengunakan data seluler anda dan dengan demikian akan menghemat kuota internet anda.

Selain itu, anda juga bisa menghemat kuota internet dengan menconteng pada ‘setelan pangilan’. Cara pengaturannya sama seperti di atas tadi. Ketika anda sudah masuk ke setelan 'Penggunan data dan penyimpanan’ silahkan scroll hingga paling bawah, anda akan menemukan ‘setelan panggilan’ silahkan conteng ‘penggunaan data minimum'.

Baca juga : Cara membuat tulisan unik di Whatsapp

5. Pilih Kualitas Video Rendah

Jika anda termasuk orang yang gemar nonton youtube, pilih resolusi video yang rendah, jangan pilih video yang beresolusi tinggi/HD karena resolusi ini akan menguras kuota anda. Semakin tinggi resolusi maka akan semakin tinggi pula tingkat konsumsi kuota. Kabar yang beredar bahwa Youtube Go  mengkonsumsi sedikit kuota, anda bisa mencobanya dan membuktikannya.

Itu saja 4 cara mengatasi boros kuota internet pada aplikasi android anda, semoga memberikan manfaat dan berfaedah bagi penulis dan pembaca. aamiin

0 Response to "TOP 4 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet HP Android Tanpa Aplikasi"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link atau tautan dalam bentuk apapun;
4. Lain-lain