(Rahasia) Cara Membuat Anak Menjadi Pintar Sejak Dini


Memiliki anak yang jenus alias pintar merupakan impian para orang tua. Orang tua yang memiliki anak yang pintar akan menimbulkan rasa bangga dan puas terhadap anak-anak yang dididiknya. Anak yang pintar akan mampu bersaing dengan kawan-kawan sekolahnya bahkan dengan orang yang berada di luar sana. Memiliki anak yang pintar seperti memiliki emas karena sangat susah membuat seorang anak menjadi pintar apalagi pada zaman sekarang ini. Banyak sekali faktor yang mendukung anak menjadi pintar dan hal inilah yang harus diperhatikan.


 Anak yang pintar bukan hanya sekedar impian. Bagi orang tua wajib membinanya menjadi pribadi pintar agar menjadi pribadi yang menjadi  panutan terhadap masa depan bangsa dan keluarga. Sekurang-kurangnya adalah dia mampu menuntun dirinya ke jalan yang benar. Ada beberapa hal yang dapat mendukung kepintaran seorang anak yaitu akan kami bahas sebagai berikut.
 cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi  cara mendidik anak supaya pintar dan kreatif  cara mendidik anak supaya pintar dan penurut  cara membuat anak cerdas menurut islam  agar anak jadi pintar di sekolah  cara mendidik anak agar pintar mengaji  9 cara membuat anak pintar  cara mendidik anak agar cerdas dan mandiri
Anak dan Orang tua

1. Orang tua

Orang tua sangat berperan penting dalam membimbing seorang anak untuk menjadi pintar. Kontrol orang tua menjadi patokan utama dalam membina anak. Orang tua adalah guru pertama yang dalam keluarga. Jika anda sebagai orang tua tidak mampu membimbingnya ke jalan yang benar maka bukan tidak mungkin anak anda menjadi pandir. Bisa dilihat anak-anak yang orang tuanya sibuk sendiri padahal mereka memiliki kemapuan banyak seperti harta mendukung dalam memasok ilmu kepada anaknya tetapi lantaran orang tua tidak ikut andil dalam membina maka anak tidak menjadi cerdas seperti yang diharapkan. Bekerja keras boleh saja bagi orang tua tetapi jangan lupa menyempatkan waktu untuk mereka karena mereka butuh kasih sayang dari orang tua.

2. Lingkungan keluarga

Lingkungan keluarga selain orang tua adalah saudara-saudaranya. Anda sebagai saudara harus memberikan dukungan kepadanya dan memberikan nasehat ketika dia salah. Anda tidak boleh menumbangkan semangatnya. Jika dia ahli dalam bidang tertentu maka dukunglah dia karena sesungguhnya setiap orang itu unik dan keunikan itulah yang akan membina dia menjadi pribadi yang cerdas.

3. Lingkungan luar

Lingkungan sangat berpengaruh pada pendidikan anak. Anak dengan lingkungan buruk akan berdampak buruk pula pada pendidikannya. Anak akan mudah terpengaruh oleh lingkungan baik itu cara dia bermain maupun orang-orang yang berada di sekitarnya. Teman yang buruk akan memberikan contoh buruk dan mempengaruhinya. Agar anak anda menjadi pribadi yang cerdas, pergaulkan mereka dengan orang-orang yang baik pula. Itulah kenapa anda sebagai orang tua perlu mengontrol mereka.

4. Biasakan sewaktu kecil dengan ilmu

Bacakan dan perdengarkan anak anda surat Ar rahman agar dia menjadi pintar. Lakukan hal tersebut sejak dia dalam kandungan karena walaupun dia berada dalam kandungan, dia sudah bisa mendengarkan bisikan dari dunia luar. Hindarkan anda dari keadaan buruk ketika dalam keadaan hamil karena hal ini akan membawa dia kepada keburukan pula. Sewaktu dia lahir jangan sampai dia mendengar hal-hal yang buruk, utamakan perdengarkan adzan. Berikan dia ilmu dalam bentuk pendengaran seperti Al-quran dan shalawat serta ilmu lain agar dia terbiasa dengan ilmu.

5. Jauhkan dari gedget

Jauhkan anak anda dari gedget, gedget tidak melulu mendidik anak anda. Jika anda beralasan bahwa agar anak anda belajar teknologi di zaman modern maka anda salah total. Apakah anda pintar dulu karena sering memegang gedget? Apakah para ilmuan dan penemu suka memegang gedget? Pasti jawabannya tidak.  Maka jauhkan anak anda dari hal-hal tersebut. Gedget itu isinya berbagaimacam, apakah anda rela ketika dia mencontohkan hal-hal yang tidak baik yang dipertontonkan di media digital tersebut?

6. Jauhkan dia dari tontonan yang tidak mendidik

Sinetron adalah salah satu tontonan yang tidak mendidik bagi anak. Jauhkan mereka dari media tersebut karena dapat mempengaruhi psikologi mereka. Bisa anda lihat sinetron itu mempercontohkan anak-anak kecil untuk berpacaran dan berkelahi, hal ini sama sekali tidak cocok bagi anak anda. Berikan hiburan yang mendidik bagi anak anda tetapi anda perlu ingat bahwa jangan melulu memberikan hiburan. Jangan hanya karena agar dia berhenti mengganggu anda dan menangis, anda biarkan dia lalai dengan tontonan tidak mendidik tersebut. Luangkan waktu dia bermain dan belajar.

Baca juga : Amalan agar anak menghapal Al-quran sejak dalam kandungan

Manfaatkan waktu anda dan anak anda untuk membimbing dia menjadi pribadi cerdas. Hidup butuh ilmu karena ilmu itu berguna dalam kehidupan dunia dan akhirat. Ilmu itu menjaga kita sedangkan harta kita yang menjaganya. Ilmu tidak akan habis sedangkan harta akan habis jika terus di pakai. Jangan menunggu besok untuk memulai, mulailah dari sekarang karena waktu adalah kesempatan.

0 Response to "(Rahasia) Cara Membuat Anak Menjadi Pintar Sejak Dini"

Post a Comment

1. Wajib berkomentar dengan bahasa yang Sopan;
2. Berkomentar dengan maksud jualan dan/atau ob*t-ob*tan tidak akan disetujui;
3. Dilarang menyebarkan link aktif;
4. Lain-lain yang dianggap melanggar.