Cara Mendapatkan Uang dari Blog / Website Secara Online untuk Pemula

Pada zaman digital ini semakin banyak orang yang mengakses informasi melalui media digital pula. Salah satunya adalah blog atau website. Blog atau website merupakan media online yang dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan informasi di dalamnya. Tidak hanyak itu, pemilik blog juga dapat menghasilkan uang dari mengisi waktu luangnnya dengan ngeblog. Pemilik blog atau website dapat menghasilkan uang dari blog atau website yang dia miliki dengan berbagai cara dan tentunya hal ini tidak mudah.

Banyak sekali tutorial tentang cara menghasilkan/ mendapatkan uang dari blog atau website di luar sana. Sebagian besarnya adalah gratis alias cuma-cuma.  Mungkin kita melihat semua cara yang diberikan itu berbeda-beda akan tetapi semua itu mengarah kepada satu tujuan yaitu menyalurkan hobi sambil menghasilkan uang dari blog dan website yang dia miliki. Perbedaan yang timbul karena perbedaan pengalaman atau cara menyampaikannya.
Cara Mendapatkan Uang dari Blog / Website Secara Online
Bisnis Online Blog dan Website

Banyak blogger yang sampai saat ini belum tahu bahwa dengan membuat blog dan website bisa menghasilkan uang sebagai penghasilan sampingan atau bahkan penghasilan utama. Mereka sering menggunakannya sebagai media untuk menyalurkan hobi menulis saja. Namun demikian, tidak sedikit pula blogger yang sudah mengetahui manfaat bermain blog dari segi keuangan. Mereka berusaha susah payah untuk menjadikan blog / website mereka sebagai ladang usaha.

Artikel terkait : Cara terbaru daftar adsense agar cepat diterima

Ada banyak hal yang perlu kita ketahui jika ingin mendapatkan uang dari internet seperti ini. Karena di media online seperti ini sangat banyak sekali saingan yang akan berhadapan dengan kita. Kenapa harus bersaing? Karena semakin kita berada di puncak maka semakin besar peluang penghasilan yang akan kita dapatkan dari media online tersebut.

Langkah pertama menghasilakan uang dari blog / website

Langkah ini merupakan langkah dasar dan yang paling utama yang harus dilakukan oleh seorang blogger untuk mendapatkan uang dari blog. Jika tidak melakukan cara ini maka percuma saja berangan-angan sedangkan orang lain sudah bersaing di kancah online. Adapaun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Menentukan topik dan target pembaca blog

Menentukan topik adalah hal yang paling penting sebelum memulai membuat blog atau website. Topik yang akan kita bicarakan adalah topik yang memang dicari oleh banyak orang dan kita memiliki keahlian dalam membahasnya. Jika kita membahas topik yang tidak bisa untuk membahasnya bisa menimbulkan kesalahan nantinya dan orang tidak akan mau membacanya sehingga penghasilan dari blog akan menurun.

2. Membuat sebuah blog / website

Setelah menentukan topik maka saatnya membuat blog / website. Banyak sekali platform yang disediakan oleh berbagai perusahaan dimedia online. Akan tetapi ada beberapa yang paling popular menurut kami yaitu blogger dari mbah google dan wordpress. Jika ditanya harus memilih yang mana maka kami pilih blogger saja. Blog dengan subdomain blogspot ini menurut kami lebih mudah mengingat kami ini masih tahapan belajar juga. Begitu juga dengan Website yang juga tidak kalah menarik dari blog.

3. Membuat konten yang berkualitas

Bukan hanyak sebatas membuat blog / website saja untuk mendapatkan uang dari internet. Kita perlu mengisinya dengan konten-konten yang akan menarik perhatian para pembaca yaitu konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas merupakan konten yang bermanfaat dan bukan merupakan hasil copy paste artikel orang. Website atau blog yang berisi konten punya orang lain akan susah menghasilkan uang dan akan sulit bersaing di kancah online. Selain itu, orang juga tidak akan mau beriklan bersama kita.

4. Mempromosikan blog / website

Mempromosikan blog / website sama halnya dengan mempromosikan barang dan jasa yaitu menentukan target siapa yang akan tertarik dengan produk kita. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara termasuk di media sosial, blogwalking (berkunjung ke blog lain) lalu berkomentar, memasang iklan di berbagai tempat dan masih banyak lagi. Ketahuilah bahwa, dalam melakukan promosi tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena akan berdampak negatif untuk blog atau website.

5. Menentukan metode monetisasi

Monetisasi adalah menguangkan, jadi metode monetisasi adalah metode tentang cara menguangkan blog/ website agar mendapatkan penghasilan berupa uang atau sebagainya. Ada beberapa motode monetisasi yang paling popular yaitu :


  • Memasang iklan

Memasang iklan adalah cara pertama menghasilkan uang dari blog atau website. Banyak media penyedia iklan yang tersebar seluruh internet. Akan tetapi google adsense adalah penyedia iklan terbaik versi berimanblog.com. Selain keuanggulannya, iklan adsense merupakan iklan yang membayar semua membernya tepat waktu dan sesuai dengan yang telah dijanjikan. Akan tetapi tidak mudah mendapatkan iklan adsense karena Kebijakannya sangat ketat. Iklan ini dikenal dengan advertising networks. Sangat banyak sekali iklan jenis ini. Ada juga iklan versi direct advertising, iklan jenis ini adalah iklan langsung yang mempertemukan antara pemilik blog dan pengiklan. Pemilik blog menawarkan kepada pemilik produk atau pemilik produk memintanya kepada pemilik blog untuk beriklan di blog. Maka tinggal pilih saja.


  • Paid review


Paid review merupakan jenis monetisasi yang sangat menarik menurut kami. Paid review ini juga bisa menghasilkan uang lebih besar. Paid review hampir sama dengan direct advertising, yang membedakan hanyalah caranya iklannya. Jika direct advertising berupa iklan banner atau gambar sedangkan paid review adalah iklan dalam bentuk artikel yang berisi ulasan dari produk seseorang. Biasanya metode ini dipakai oleh blog / website popular.


  • Menjual produk / jasa sendiri


Jika ada produk atau  jasa yang bisa kita pasarkan melalui blog pribadi apa salahnya. Selain menghemat biaya promosi, target penjualan bisa dioptimalkan. Menjual produk dan jasa pribadi di blog / website pribadi juga memudahkan pengunjung / pembeli karena bisa berkomunikasi langsung dengan pemilik tanpa perantara pihak ketiga.


  • Mengikuti program afiliasi


Program ini adalah program dimana kita menjual produk orang lain dan kita akan mendapatkan komisi jika berhasil menjual produk tersebut. Program afiliasi juga hampir sama dengan direct network hanya saja dalam program ini kita hanya dibayar jika berhasil menjual produk mereka.


  • Program membership


Program ini biasanya menyediakan konten premium. Para pemirsa atau pengunjung hanya bisa mengakses konten apabila sudah membayar sejumlah uang. Jadi pemilik blog mendapatkan penghasilan dari bayaran dari pengunjung tersebut.

Baca juga : Cara mendapatkan Uang dari Internet tanpa modal untuk pemula

Bagi rekan-rekan yang ingin mendapatkan/ menghasilkan uang dari internet secara online bisa memilih dan mengikuti langkah-langkah di atas. Semua metode tersebut saya dapatkan dari mastah  mas sugeng dengan ulasan dan metode saya sendiri. Saya banyak belajar dari beliau dan dari blogger sukses lain yang berhasil menghasilkan uang dari internet.

0 Response to "Cara Mendapatkan Uang dari Blog / Website Secara Online untuk Pemula"

Post a Comment