Tata Cara, Niat, dan Doa Shalat Tahajjud dan Penjelasannya

Shalat malam atau yang sering disebut shalat tahajjud merupakan shalat sunat yang dilakukan pada saat tengah malam atau sepertiga malam. Shalat ini memiliki jumlah rakaat paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak tidak terbatas. Shalat tahajjut bukanlah shalat yang dilakukan ketika bergadang lantas melakukan shalat tahajjut, akan tetapi shalat yang dilakukan setelah tidur meskipun tidurnya hanya sekejap atau sebentar saja.

Walaupun shalat tahajjut adalah shalat yang hukumnya sunat akan tetapi Rasulullah SAW. tidak pernah meninggalkannya, sehingga tampak bengkak kaki beliau karena lamanya berdiri dalam melaksanakan shalat dan karena seringnya beliau melakukannya.
shalat tahajjud
Sujud Shalat

Mughirah bin Syu'bah berkata, "Sesungguhnya Rasulullah bangun untuk shalat sehingga kedua telapak kaki atau kedua betis beliau bengkak. Lalu dikatakan kepada beliau, 'Allah mengampuni dosa-dosamu terdahulu dan yang kemudian, mengapa engkau masih shalat seperti itu?' Lalu, beliau menjawab, 'Apakah tidak sepantasnya bagiku menjadi hamba yang bersyukur?'"

Baca juga : Bersyukur atas nikmat Allah adalah jalan menuju kebahagiaan

Seorang yang telah dijamin masuk surga dan telah diampuni segala dosa serta seorang rasul Allah akan tetapi ibadahnya luar biasa, sedangkan kita sebagai hamba yang dhaif serta bergelimang dengan dosa tapi enggan melaksanakan perintah Allah serta enggan melakukan shalat malam. Lantas apa dasar hukumnya, apakah ada diperintahkan oleh Allah dalam Alquran? Firman Allah SWT.
Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji (Qs. Al Isra Ayat 79)

Perlu diketahui bahwa, shalat tahajjud atau waktu shalat tahajjut yaitu tengah malam merupakan waktu yang tepat untuk berdoa. Dimana pada saat sepertiga malam merupakan waktu yang mustajabah setiap doa yang kita panjatkan selama doa tersebut tidak menentang dengan syariat atau tuntunan islam.

Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, 'Tuhan kita Yang Mahasuci dan Mahatinggi turun ke langit dunia setiap malam ketika tinggal sepertiga malam yang akhir dengan berfirman, 'Siapakah yang mau berdoa kepada-Ku lalu Aku kabulkan? Siapakah yang mau meminta kepada-Ku lalu Aku kabulkan? Siapa yang mau meminta ampun kepada-Ku lalu Aku ampuni?'"
Adapaun lafadz niat dan tata cara shalat tahajjut adalah sebagai berikut :

USHALLII SUNNATAT TAHJJUDI RAK’ATAINI LIILLAHI TA’AALAA,
Sahaja aku shalat tahajjud dua rakaat karena Allah taala.

Shalat tahajjud dilakukan seperti halnya shalat biasa dan rukunnya juga seperti shalat biasa. Di mulai dari niat, takbir, fatihah, ruku’, itidal dan sampai salam dalam dua rakaat. Shalat tahajjud hampir mirip seperti shalat subuh yaitu dua rakaat akan tetapi yang berbeda niat dan aktu pelaksanaannya.
Ada beberapa doa yang dibaca setelah mengerjakan shalat tahajjut diantaranya adalah, doa selamat dunia dan akhirat, dan beberapa doa lainnya. Dan jangan lupa berdoa apa yang kita hajatkan, apa yang dicita-citakan dan apa yang ingin dicapai. Yang harus menjadi catatan bahwa setiap berdoa harus memperhatikan tatacara berdoa dengan benar sehingga benar setiap perbuatan dan Allah akan mengabulkan doa yang dipanjatkan.

Bagaimana jika membangunkan shalat dengan alarm atau sebagainya apakah boleh? Boleh saja, karena hal tersebut untuk membina dan mendidik pribadi sehingga jiwa akan terbiasa terbangun tengah malam. Jika hari demi hari dibangunkan dan terbiasa mengerjakan shalat meskipun bangun dengan modal alarm maka pada suatu saat akan terbiasa dan menjadi lazim untuk bangun pada saat-saat itu. Sama saja ketika seorang membangunkan orang lain untuk mengajak shalat tahajjud. Begitu pula jika seorang menelfon kawannya untuk bangun shalat tahajjud. Maka dalam hal ini tetap boleh dengan tujuan membina dan mendidik jiwa shingga terbiasa dengan keadaan.

Demikian saja ulasannya semoga memberikan manfaat dan faedaah terutama bagi penulis dan selanjutnya  bagi pembaca dan semoga allah meridhai setiap ibadah yang kita lakukan. Aamiin aamiin yaa rabbal ‘alamiin.

2 Responses to "Tata Cara, Niat, dan Doa Shalat Tahajjud dan Penjelasannya"

  1. terima kasih untuk ilmunya, salam kenal dari ezzyh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sam-sama, terima kasih juga atas kunjungannya

      Delete