Waktu dan Jadwal Shalat Fardhu Lima Waktu Sehari Semalam Seluruh Dunia

Shalat merupakan tiang agama. Setiap hari dan setiap saat tidak lepas kita bersujud menghadap sang pencipta sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT. atas Nikmat yang berlimpah yang telah dianugrahkan kepada kita semua. Shalat merupakan sebuah kewajiban yang tidak terbantahkan yang wajib kita kerjakan dan merupakan salah satu rukun islam.

Seperti halnya semua kegiatan yang kita kerjakan di dunia ini memiliki waktu dan saat-saatnya, maka shalat juga memiliki waktu sebagai ketentuan untuk saat melaksanakannya. Pembagian waktu untuk shalatt fardhu ada 5 karena shalat fardhu hanya 5 saja, sedangkan yang lainnya adalah shalat sunat.
Meskipun pada zaman yang serba canggih ini sudah adanya jam dan penentu waktu yang lainnya, akan tetapi yang lebih akurat adalah jam matahari. Selain itu, sudah ada juga sekarang penentuan waktu shalat sepanjang masa yang sering kita temui di masjid-masjid dan surau-surau serta mushalla. Penggunaan jam atau waktu shalat ini sesuai alias akurat akan tetapi kita tetap perlu melakukan pengukuran waktu shalat berdasarkan sinar matahari atau ketentuan lama untuk menjadi pendidikan dan bahan pembelajaran bagi kita apabila kita suatu saat berada di tempata yang tidak diketahui kiblatnya. Keadaan ini dilakukan apabila memungkinkan yaitu ketika tidak hujan atau mendung.
Waktu dan Jadwal Shalat Fardhu Lima Waktu Sehari Semalam Seluruh Dunia

Lantas bagaimana dengan azan? Azan merupakan seruan untuk memberitahukan umat bahwa waktu shalat telah tiba, bukan tanda bahwa waktu shalat sudah tiba karena bagaimana jika kita tidak menemukan atau mendengan suara azan bahkan tidak ada yang mengumandangkan azan, apakah tidak pernah masuk waktu shalat? Maka ini harus diperhatikan.

Adapaun pembagian waktu shalat fardhu lima waktu adalah sebagai berikut :

1.    Waktu Shalat dhuhur

Waktu pelaksanaan shalat dhuhur dimulai ketika matahari mulai tergelincir atau mulai condong ke arah barat atau bayangan sudah mulai mengarah ke arah timur sampai bayangan matahari pada benda atau manusia itu sama atau bahkan lebih panjang. Dengan berakhirnya waktu dhuhur maka masuklah waktu ashar.

2.    Waktu Shalat ashar

Waktu ashar dimulai ketika bayangan benda atau manusia dari cahaya matahari sudah sama panjangnya atau sudah lebih panjang bayangan dari pada benda yang menghasilkan bayangan. Dengan kata lain, habisnya waktu dhuhur maka masuklah waktu ashar. Berakhirnya waktu ashar adalah terbenamnya matahari. Meskipun matahari pada tempat  lain sudah terbenam, jika matahari di tempat kita berada belum terbenam maka masih ada waktu ashar.

3.    Waktu Shalat magrib

Habisnya waktu ashar maka masuklah waktu untuk shalat magrib. Shalat magrib dimulai dengan tanda matahari telah terbenam di ufuk barat dan berakhir pada saat syafa’ merah atau mega merah telah hilang di langit. Mega merah atau syafa’ merah adalah warna merah pada langit sebelah barat tempat matahari terbanam ketika matahari sudah terbenam.

4.    Waktu Shalat isya

Permulaan untuk waktu pelaksanaan shalat isya di mulai sejak syafa’ merah hilang dari langit arah barat tempat matahari terbenam dan waktu berakhirnya adalah saat terbitnya fajar shiddiq . fajar ada dua, ada fajar shiddiq ada fajar kazib. Fajar shiddiq adalah fajar yang keluar pada saat hendak mendekati terbitnya matahari sedangkan fajar kazib keluar sebelum fajar siddiq atau sekitar pukul 3 malam jika berada di Aceh.

5.    Waktu Shalat shubuh

Waktu shalat subuh di mulai ketika waktu shalat isya sudah habis yaitu pada saat terbitnya fajar siddiq dan berakhir pada saat matahari terbit.  Jika seseorang terbangun tanpa di sengaja sedangkan waktu shalat subuh sudah habis maka masih boleh shalat selama dia langsung melaksanakan shalat setalah bangun (jangan lupa wudhu). Akan tetapi, Jika seseorang yang terbangun saat shubuh dan telah masuk waktu shalat akan tetapi dia lebih memilih tidur lagi maka apabila terbangun sedang waktu sudah habis maka tidak sah lagi shalatnya dan mendapat dosa sebagai orang yang melalaikan waktu shalat.


Adapaun waktu yang dilarang/ haram shalat adalah :

1.    Sehabis shalat subuh;
2.    Waktu matahari tepat di tengah cakrawala hingga matahari condong ke barat;
3.    Waktu matahari terbit hingga naik;
4.    Ketika matahari mulai kuning hingga terbenam atau saat habisnya waktu shalat ashar;
5.    Sehabis shalat ashar hingga terbenam matahari.

Akan tetapi, shalat yang di kerjakan karena sebab dan musabab atau karena sesuatu alasan contoh shalat gerhana, shalat jenazah, dan shalat lain-lain yang sesuai syara' maka boleh dilaksanakan pada waktu haram tersebut.

Kita tidak akan membahas waktu persis yang menunjukkan jam/pukul berapa pada pembahasan waktu shalat fardhu ini, karena setiap daerah berbeda jarak dan waktunya. Lebih baik kita bahas penunjukan waktu berdasarkan jam matahari yang mana inilah yang lebih akurat dimanapun dan kapanpun.

Semoga memberikan manfaat bagi kita semua daan mengharap ridha Allah semoga Allah melimpahkan ridha-Nya. Aamiin aamiin yaa rabbal alamiin.

0 Response to "Waktu dan Jadwal Shalat Fardhu Lima Waktu Sehari Semalam Seluruh Dunia"

Post a Comment